Basarnas Aceh siagakan 6 titik posko strategis

Kepala Basarnas Aceh, Suyatno (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Aceh, Suyatno mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan posko-posko strategis di wilayah Aceh untuk mengantisipasi bencana selama menjelang lebaran.

“Dari SAR ada 6 titik posko yang sudah kita siapkan, yaitu di Langsa, Meulaboh, Simeulue, Sabang, Kutacane itu menjadi posko. Kemudian di pegunungan Seulawah ditempatkan anggota SAR di sana,” katanya pada wartawan seusai apel siaga di kantor Basarnas Aceh, Banda Aceh, Selasa (28/6).

Pihaknya juga membuat posko taktis yang sesuai analisa mengenai titik kerawanan seperti di Ulee Lheue, Singkil, Labuhan Haji, Sinabang. Sebab, daerah itu yang diprediksi perlu perhatian khusus.

Di jalur mudik yang perlu diantisipasi ialah di terminal sebagai tumpukan massa yang akan melakukan mudik, kemudian di bandara dan pelabuhan. Pihaknya sudah menyiapkan posko bersama.

Analisa dari SAR sendiri, sebutnya, untuk rawan bencana ada di Calang, Tapaktuan dan daerah rawan banjir lainnya. Jalan Banda Aceh-Meulaboh juga potensi rawan bencana.

“Mulai besok hingga 14 hari ke depan, kami ingin tahu komponen yang sudah ada mulai hari ini. Komponen yang akan bersama sama dalam setiap operasi SAR. Pasti ada peran TNI, Basarnas, polisi, LSM. SAR itu selalu bersama,” ujarnya.

Selanjutnya, Basarnas juga menyiapkan sentra pelayanan terpadu. Kemudian Basarnas juga melakukan pelatihan-pelatihan untuk mengevakuasi korban apabila terjadi bencana.

“Meski puasa, program pelatihan tetap kami jalankan,” ujarnya. [Randi]

Related posts