Ratusan kades di Pidie belum terima gaji

Ilustrasi kepala desa. (Antaranews)

Pidie (KANALACEH.COM) – Ketua LSM Jaringan Aspirasi Rakyat Aceh (JARA) Iskandar Ar mendesak Pemkab Pidie agar segera mencairkan dana perangkat desa, anak yatim serta fakir miskin di Pidie.

Iskandar mendesak Pemkab Pidie agar segera memprioritaskan gaji para aparatur desa jika sudah lengkap syarat-syaratnya.

Iskandar menyebutkan, jika besaran gaji perangkat desa di wilayah ini bervariasi. Para keuchik, sekdes, bendahara, kaur desa, teungku imum meunasah, bilal desa, tuha peut, kepala dusun, dan ribuan anak yatim serta fakir miskin terancam tidak mendapatkan gaji ini.

Semoga tunjangan bagi perangkat desa bisa cair tepat waktu dan jangan diundur lagi. Karena sekitar 200 desa yang sudah cair tetapi ada 500 desa lagi yang belum dicairkan gaji aparatur gampongnya,” ujarnya.

Hingga saat ini, menjelang meugang dan lebaran perangkat desa di Kabupaten Pidie belum menerima gaji pada awal tahun ini.

Keterlambatan ini membuat mereka harus berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ironisnya, keterlambatan pencairan gaji seperti ini juga kerap kali terjadi pada awal-awal tahun sebelumnya.

Salah seorang kepala desa di Kecamatan Peukan Baro yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku bingung karena tunjangan yang biasa ia peroleh mengalami keterlambatan. Kini, terpaksa ia harus mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. [Rajali Samidan]

Related posts