Bagi pemda yang ingin aplikasi gratis datang ke Ridwan Kamil

  • Whatsapp
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Bandung (KANALACEH.COM) – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil membuka pintunya lebar-lebar bagi pemerintah kabupaten/kota yang ingin memiliki aplikasi atau software gratis.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku tidak akan pelit ilmu maupun inovasi jika ada daerah lain yang ingin studi banding ke Kota Bandung.

Salah satu contoh nyatanya, pada 27 Mei lalu Pemkot Bandung menghibahkan aplikasi dan software untuk Kota Banjar serta Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut mantan dosen arsitek ITB tersebut, terlalu boros jika masing-masing daerah belanja hal yang sama. Padahal barang tersebut sebetulnya bisa diperoleh dari daerah lain.

“Pada dasarnya masalah pemerintah di Indonesia sama saja. Dari 100 mungkin 60% mirip-mirip. Daripada belanja lagi dikalikan 500 kota kabupaten, (menghabiskan) triliunan rupiah mendingan yang sudah ada dipakai saja,” ucap Emil.

Bagi kabupaten/ kota yang ingin mendapatkan hibah aplikasi atau software dari Kota Bandung, syaratnya tidak sulit. “Syaratnya cuma satu, Pemkotnya datang ke Bandung. Nanti kita follow up apa saja aplikasi yang cocok. Rata-rata software untuk reformasi birokrasi,” ujarnya. [Detik]

Related posts