Camat Pulau Banyak imbau wisatawan jaga kebersihan

Camat Pulau Banyak, Rudi Faisal (Ist)

Singkil (KANALACEH.COM) – Camat Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Rudi Faisal mengimbau agar wisatawan yang berlibur ke kawasan wisata bahari dapat menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan ke laut.
Pasalnya, persoalan sampah di kawasan wisata itu dianggap cukup serius.

Hal itu disampaikan oleh Camat Pulau Banyak kepada Kanalaceh.com saat dijumpai di Pendopo Camat Pulau Banyak, Jumat (8/7) malam.

Bahkan, kata Faisal, warga yang berasal dari kelompok mahasiswa sudah sering membersihkan sampah. Namun, kesadaran akan dampak dari bahaya sampah terhadap keberlangsungan hidup biota laut masih belum tertanam pada wisatawan.

“Kita selaku dari pihak kecamatan terus mendorong kepada guide, agar tamunya (wisatawan) diingatkan jangan sampai membuang sampah ke laut,” katanya.

Selain menikmati keindahan alamnya, lanjut Faisal, ia berharap kedatangan wisatawan ke Pulau Banyak bisa memberikan teladan kepada penduduk sekitar untuk sama-sama menjaga kehidupan terumbu karang.

“kita harapkan wisatawan yang datang mampu memberikan edukasi terhadap masyarakat, Karena nilai jual yang diandalkan masyarakat seperti terumbu karang, pulau-pulau dan wisata bahari yang lainnya dapat terjaga,” harap Faisal.

Sementara itu, salah seorang warga, Mefrian mengatakan, pihaknya juga sudah sering melakukan peneguran terhadap wisatawan yang membuang sampah sembarangan ke laut, bahkan ke daratan pulau.

“kita juga sudah sering peringati terhadap wisatawan. Tetapi kan tidak semua peka terhadap kebersihan lingkungan, contohnya masih ditemukannya tumpukan sampah di pulau-pulau,”ungkapnya. [Randi]

Related posts