LPA Indonesia akan kirim rekomendasi terkait vaksin palsu ke presiden

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia, Seto Mulyadi. (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia Seto Mulyadi menyatakan pihaknya akan mengirim rekomendasi hasil mediasi antara orang tua korban vaksin palsu dengan pihak Rumah Sakit Harapan Bunda.

Hal itu disampaikannya saat memediasi para orang tua korban vaksin palsu dan Direktur Rumah Sakit Harapan Bunda dr. Finna di Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta Pusat, Sabtu (16/7).

“Dalam waktu dekat akan kami sampaikan hasil mediasi ini ke Presiden Joko Widodo saat acara Hari Anak Nasional 23 Juli nanti,” ujar Seto kepada wartawan.

Rekomendasi dari hasil mediasi ini adalah pemerintah diharapkan segera menunjuk satu rumah sakit netral yang terbukti bersih dari vaksin palsu untuk mengadakan revaksinasi.

Selain itu orang tua korban juga meminta pemerintah memberikan tenggat waktu kepada 14 rumah sakit yang terbukti menggunakan vaksin palsu, untuk menampilkan rekam jejak medis anak-anak yang mengonsumsi vaksin palsu terhitung sejak tahun 2003 sesegera mungkin.

Dia menambahkan, dirinya memahami apa yang dirasakan para orang tua yang anaknya menjadi korban vaksin palsu.

“Saya juga memiliki cucu dan bisa saja menjadi korban pemberian vaksin palsu, makanya saya pahami benar perasaan orang tua yang kesal dan marah sekali dengan kejadian ini,” lanjutnya.

Berdasarkan paparan Bareskrim Polri dan Kementerian Kesehatan di Komisi IX DPR kemarin, ada 14 rumah sakit, 8 klinik, dan tenaga kesehatan yang menggunakan vaksin palsu. Sebagian besar beroperasi di sekitar Bekasi, Jawa Barat.

Rinciannya, 10 rumah sakit di Kabupaten Bekasi dan tiga di Kota Bekasi. Adapun daftar 14 rumah sakit tersebut adalah sebagai berikut:

1. RS DR Sander, Cikarang

2. Bhakti Husada, Terminal Cikarang

3. Sentral Medika, Jalan Industri Pasir Gombong

4. RSIA Puspa Husada

5. Karya Medika, Tambun

6. Kartika Husada, Jalan MT Haryono Setu Bekasi

7. Sayang Bunda, Pondok Ungu Bekasi

8. Multazam, Bekasi

9. Permata, Bekasi

10. RSIA Gizar, Villa Mutiara Cikarang

11. Harapan Bunda Kramat Jati, Jakarta Timur

12. Elisabeth, Narogong Bekasi

13. Hosana, Lippo Cikarang

14. Hosana, Jalan Pramuka, Bekasi

[Kompas]

Related posts