Isteri bupati kunjungi warga yang sakit di pedalaman Aceh Utara

Istri Bupati Aceh Utara, Cut Ratna Irawati balita penderita penyakit cerebral palsy di gampong Teungoh kecamatan Sawang, Senin (25/07). (Rajali)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Isteri Bupati Aceh Utara yang juga Ketua PKK, Cut Ratna Irawati mengunjungi warga yang mengalami gangguan kejiwaan sejak lahir di Gampong Keutapang Kecamatan Nisam, dan balita penderita penyakit cerebral palsy di Gampong Teungoh kecamatan Sawang, Aceh Utara, Senin (25/0\7).

Dalam kunjungan tersebut turut didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Baitul Mal dan Puskesmas setempat serta memberikan santunan kepada kedua keluarga pasien tersebut.

Kepala Puskesmas Sawang, dr Fauzah, menjelaskan balita penderita penyakit cerebral palsy, Restu Bahagia (4 tahun) pada umur 2 bulan mengalami kejang demam berulang-ulang, pada umur 7 bulan pernah dibawa ke RSU Zainoel Abidin untuk dilakukan scaning.

“Pihak keluarga sudah pernah membawa ke Puskesmas Sawang dan kami rujuk ke RSU Cut Meutia untuk mendapatkan perawatan maksimal, kemudian juga sudah ditawarkan untuk melakukan fisioterapi, namun ibunya tidak setuju,” ungkap Fauzah.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Nisam Armansyah menjelaskan bahwa pasien atas nama Cut Rahmatul Hafizah (10 tahun) yang menderita gangguan jiwa juga riwayat penyakitnya sudah sejak kecil. Pihak puskesmas, katanya, sudah mengambil tindakan dengan merujuk ke psikiater RSU Cut Meutia.

“Saat ini kami terus memberi perawatan dan melakukan kunjungan rumah untuk perawatan pasien, juga memberikan edukasi kepada keluarga tentang cara merawat pasien. Insya Allah, besok juga akan kita antar lagi ke RSU Cut Meutia,” ungkapnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Cut Ratna Irawati, meminta Kepada dinas sosial dan Baitul Mal untuk memberikan perhatian khusus kepada dua keluarga tersebut.

“Pihak puskesmas jangan menunggu tapi harus jemput bola, dan segera mengambil tindakan jika ada kasus di lapangan. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang luput dari perhatian dan pelayanan,” ujarnya. [Rajali Samidan]

Related posts