KKP akan bangun pabrik penyimpanan ikan 200 ton di Sabang

Ilustrasi. (Antara Foto)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang menyatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membangun pabrik penyimpanan ikan berkapasitas 200 ton di Kota Sabang pada tahun 2016.

“Tim KKP tahun sudah berkunjung berulang kali ke Sabang dan insya Allah sebagaimana dijanjikan, KKP akan membagun pabrik penyimpanan ikan berkapasitas 200 ton di Balik Pasie, Ie Meulee pada tahun ini juga,” sebut Sekda Kota Sabang, Sofyan Adam, di Sabang Senin (25/7).

Ia berharap, dengan adanya pabrik penyimpanan ikan berskala besar tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di Sabang.

“Kalau daya tangkapnya banyak harga ikan murah dan saat tangkapan menurut seperti angin barat harga ikan bisa mahal dan kita berharap pabrik penyimpanan itu beroperasi dengan optimal agar harga ikan stabil nelayan pun sejahtera,” harapnya.

Menurutnya Sofyan, pemerintah pusat menginginkan setiap investasi yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) bisa bermanfaat dan tepat guna.

“Pembangunan pabrik penyimpanan ikan itu sumber anggarannya langsung dari APBN melalui KKP. Pemerintah pusat mengiginkan investasi APBN dan APBD dapat memberikan mamfaat dan benar-benar sesuai yang dibutuhkan,” katanya.

Dia juga mengatakan, pembagunan pabrik penyimpanan ikan di Sabang merupakan salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat nelayan di kawasan Sabang.

“Sebagai kawasan kemaritiman tentu kita sangat membutuhkan itu dan ini kabar gembira bagi masyarakat nelayan di kawasan Sabang, Aceh serta Indonesia secara umum,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap, pabrik penyimpanan ikan tersebut dapat memberikan mamfaat langsung bagi masayarakat nelayan di sana. [Antaranews]

Related posts