Aceh dinilai siap jadi lumbung pangan nasional

Rakor dengan tim Komisi IV DPR RI di Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah Aceh, Senin (1/8). (Humas Pemerintah Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menyebutkan Provinsi Aceh terus meningkatkan produksi komuditas unggulan sehingga bisa menjadi lumbung pangan nasional.

Zaini menambahkan, ada tiga komoditas unggulan yang dikembangkan secara prioritas di Aceh, yaitu padi, jagung dan kedelai.

“Kami yakin cita-cita menjadikan Aceh sebagai lumbung pangan akan dapat tercapai,” ujar Zaini saat menggelar rapat koordinasi dengan Tim Komisi IV DPR RI di Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah Aceh, Senin (1/8).

Ia menyebutkan, peningkatan tersebut terlihat dari hasil produksi padi. Pada tahun 2015, total produksi Aceh mencapai 2,3 juta ton, naik sekitar 10 persen dari tahun 2014. Pada tahun 2016 ini, Aceh menargetkan produksi gabah kering giling Aceh hingga 2,55 juta ton dari areal sekitar 512.756 hektar.

Sementara untuk Jagung, produk Aceh tahun 2015 mencapai 205.125 ton, meningkat 1,39 persen dari tahun 2014. Untuk tahun ini produksi itu diharapkan meningkat menjadi 250.000 ton, dengan target luas tanam 60.000 hektar.

Sedangkan untuk produk kedelai, pada tahun ini Aceh menargetkan produksi sekitar 70 ribu ton dari luas areal sekitar 47.526 hektar.

Untuk mewujudkan target tersebut, kata Zaini, mutu intensifikasi lahan akan ditingkatkan dan pemerintah akan menyediakan benih bermutu.

“Kami juga akan meningkatkan pengelolaan dan penyediaan alat dan mesin pertanian, perbaikan jaringan irigasi dan peningkatan areal tanam serta pemanfaatan lahan tidur dan pencetakan sawah baru,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts