Apa Karya serahkan 154.736 KTP ke KIP

Konferensi pers Apa Karya seusai menyerahkan syarat dukungan berupa KTP ke KIP Aceh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Bakal calon Gubernur Aceh, Zakaria Saman didampingi wakilnya Alidinsyah menyerahkan 154.736 KTP untuk memenuhi syarat dukungan calon perseorangan ke KIP Aceh, Rabu (3/8).

Jumlah tersebut merupakan rekapitulasi dari 23 kabupaten/kota di Aceh. Jika dipersenkan menjadi 3,03 persen, artinya Zakaria saman dan Alaidinsyah sudah cukup memenuhi syarat dukungan yang telah ditetapkan oleh KIP Aceh sebesar minimal tiga persen.

Tim pemenangan Zakaria Saman, Safrizal mengatakan bahwa dukungan yang paling banyak diperoleh dari tanah kelahiran Zakaria, yaitu dari Kabupaten Pidie.

“Di Kabupaten Pidie kami berhasil kumpulkan 30 ribu KTP dan dari daerah itu yang terbanyak,” sebutnya.

Dari jumlah itu, lanjutnya, dijadikan sebagai modal utama untuk bersanding dengan calon lainnya di pilkada 2017 mendatang.

Sementara itu, Zakaria Saman atau kerap disapa Apa Karya menjelaskan bahwa KTP tersebut dikumpulkan tanpa ada paksaan sedikit pun dari timsesnya kepada masyarakat.

“Kami tidak paksakan masyarakat untuk memberikan KTP, masyarakat ikhlas memberikannya tanpa ada unsur paksaan,” ungkap Apa Karya.

Dari sekira 5 juta penduduk Aceh, 3,03 persennya sudah dimiliki Apa Karya. Kemudian ia menjadi calon perseorangan pertama yang menyerahkan syarat dukungan KTP ke KIP Aceh, untui maju sebagai Cagub Aceh.

Diketahui bahwa, syarat dukungan paslon harus menyerahkan minimal 153.045 lembar foto kopi KTP atau tiga persen dari jumlah penduduk Aceh dengan sebaran minimal 50 persen kabupaten/kota. [Randi]

Related posts