995 peserta ikuti Festival Anak Saleh Banda Aceh

Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) Kota Banda Aceh 2016 di halaman Masjid Syuhada, Gampong Lamgugop, Syiah Kuala, Banda Aceh, Kamis (4/8). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) Kota Banda Aceh 2016 resmi dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal, Kamis (4/8). Acara ini akan berlangsung hingga 7 Agustus mendatang di halaman Masjid Syuhada, Gampong Lamgugop, Syiah Kuala, Banda Aceh.

Sebanyak 995 peserta yang berasal dari 50 TKA, TPA, dan TQA se-Banda Aceh akan tampil dalam 17 cabang perlombaan di antaranya tartil Alquran, azan dan iqamah, cerdas cermat Alquran, kaligrafi, tilawah Alquran, dan hafalan/tahfiz juz amma.

Dalam sambutannya, Illiza menyebutkan festival ini sangat tepat untuk membina dan memotivasi generasi penerus agar bisa menjadi harapan yang membangggakan untuk negara agama dan terutama orang tua. 

“Kami berharap melalui FASI ini dapat menjadi media evaluasi kualitas santri yang selanjutnya akan menjadi umpan balik perbaikan kurikulum termasuk proses pembelajaran,” katanya.

Sebelumnya di tempat yang sama, Asisten Keistimewaan Ekonomi dan Pembangunan Setdako Banda Aceh, Gusmeri, selaku ketua panitia menyampaikan FASI Banda Aceh 2016 merupakan kerja sama Pemko Banda Aceh dengan pengurus BKPRMI-LPPTKA Kota Banda Aceh.

Ia menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kader Islam yang mampu menguasai dan menerapkan nilai-nilai ajaran qurani sekaligus mempercepat proses penerapan syariat Islam di Banda Aceh.

“Ini juga merupakan ajang seleksi peserta untuk mewakili Kota Banda Aceh pada ajang FASI tingkat provinsi maupun nasional,” kata Gusmeri. [Sammy/rel]

Related posts