BPKS gelar Smart Travel Forum IMT-GT di Sabang

Smart Travel Forum IMT-GT di kawasan wisata Gapang Gampong Iboih, Rabu (3/8). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) menggelar Smart Travel Forum IMT-GT yang dipusatkan di kawasan wisata Gapang Gampong Iboih, Rabu (3/8).

Menteri Pariwisata melalui Asdep Kerja Sama Regional Sub Regional Komenko Bidang Perekonomian RI, Netty Muharni mengatakan, Smart Trevel Forum IMT-GT telah memberikan mamfaat yang sangat luar biasa dan menguntungkan kepada tiga negara.

“Pertemuan Smart Trevel Forum IMT-GT ke 3 tahun 2016 ini diharapkan menjadi momen yang sangat penting guna meningkatkan produksi dari industri wisatanya bagi masing-masing negara,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Indonesia yakin dan percaya dengan terlaksananya Smart Trevel Forum IMT-GT, pariwisata Indonesia khususnya Sabang segera maju.

“Untuk itu, kepada seluruh delegasi agar dapat memetik hasil yang terbaik dalam pertemuan kali ini demi mengembangkan industri pariwisata di masing-masing negara,” tambah Netty Muharni.

Kepala Badan Investasi dan Promosi Iskandar Zulkanaini, menjelaskan bahwa Indonesia, Malaysia dan Thailand merupakan tiga negara yang membangun kerja sama dalam Growth Triangle (IMT-GT), dan memiliki potensi sangat besar dalam berbagai bidang.

Di antaranya sektor perikanan, pertanian, pertambangan, industri perdagangan dan pariwisata. Bahkan, tambahnya untuk sektor pariwisata Indonesia, Malaysia dan Thailand termasuk paling unggul di kawasan Asean.

“Tak heran jika setiap tahun kawasan wisata di negara IMT-GT ini terus menunjukan kemajuan dengan semakin banyaknya turis yang berkunjung,” kata Iskandar Zulkarnaini.

Sementara Kepala BPKS Fauzi Husin menyampaikan, pertemuan Sabang Smart Trevel Forum IMT-GT 2916 ini, merupakan pertemuan silaturahmi para pelaku pariwisata tiga negara dengan harapan agen travel dan asosiasi serta pelaku bisnis pariwisata masing-masing negara dalam wadah negara IMT-GT dapat membuka komunikasi dan kerja sama pariwisata.

BPKS selaku lembaga yang ikut mengembangkan kawasan wisata Sabang berharap, dapat terjadi jalinan kerja sama dibidang penerbangan dan pelabuhan agar mampu membuka konektivitas udara dan laut (Sabang, Ranong, Phuket dan Langkawi).

“Ini merupakan pelaksanaan Travel Forum IMT-GT yang ke 3 pada tahun 2016, kegaiatan dimaksud dilakukan dalam rangka pengembangan, terutama tentang industri pariwisata,” ujarnya.

“Untuk Provinsi Aceh, Sabang terpilih selaku kawasan wisata dalam kerja sama tiga negara,” kata Fauzi Husin kepada Kanalaceh.com. [Diki Arjuna]

Related posts