Pemerintah Aceh fokus kembangkan sekolah berasrama

Rapat koordinasi penyusunan standarisasi sekolah berasrama di Aceh di Grand Aceh Hotel, Kamis (4/8). (Humas Pemerintah Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Syahrul mengatakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Aceh, sekolah berasrama akan menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah Aceh, sebab konsep pendidikan ini dinilai sangat baik dalam mendidik generasi muda.

Hal tersebut disampaikan Syahrul pada acara rapat koordinasi penyusunan standarisasi sekolah berasrama di Aceh di Grand Aceh Hotel, Kamis (4/8).

“Selain sistem pendidikannya lebih terarah, beberapa kelebihan sekolah berasrama adalah, suasana lingkungannya lebih nyaman sehingga ideal sebagai tempat pendidikan anak, Lebih mudah mendidik para pelajar agar lebih disiplin dan belajar dengan baik,” ujar Syahrul.

Namun, Syahrul juga mengingatkan, selain memiliki kelebihan, penyelenggaraan sekolah berasrama juga memiliki beberapa hambatan, yaitu kurangnya guru-guru berkualitas yang sesuai untuk sekolah berasrama.

“Bahkan beberapa sekolah asrama di Aceh terpaksa mendidik gurunya sendiri sesuai kebutuhan lembaga tersebut. Terkadang guru-guru itu merangkap jabatan, selain sebagai guru mata pelajaran, juga sebagai guru pengasuh asrama. Padahal, seharusnya dua kompetensi ini perlu dibedakan,” ungkapnya.

Syahrul berharap kegiatan ini mampu menghasilkan standar baku bagi pengembangan sekolah berasrama, mulai dari standarisasi kondisi fisik sekolah hingga, fasilitas hingga aturan tentang perilaku, baik peserta didik maupun para pendidik.

“Karena itu sekolah ini tentu saja harus diisi oleh guru-guru yang telah memiliki kualifikasi tertentu, yang ditunjang dengan sarana dan pengaturan kebersihan yang memiliki standar,” tuturnya. [Sammy/rel]

Related posts