Pelayaran peti kemas tingkatkan perekonomian masyarakat

Peresmian pengoperasian Harbour Mobile Crane (HMC) dan penyambutan kapal peti kemas perdana di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Jumat (5/8). (Ist)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh menyambut baik pelayaran perdana peti kemas dari dan menuju Aceh. kehadiran kapal peti kemas dinilai akan berdampak positif dan meningkatkan perkembangan perekonomian masyarakat Aceh.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Aceh, Zaini Adullah saat peresmian pengoperasian Harbour Mobile Crane (HMC) dan penyambutan kapal peti kemas perdana di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Jumat (5/8).

“Mudah-mudahan pelayaran ini dapat terus berkelanjutan, sehingga kegiatan di pelabuhan ini semakin berkembang dalam rangka mendorong pertumbuhan dan aktivitas ekonomi masyarakat,” ujar Zaini.

Untuk diketahui, sejak kamis (4/8) kemarin, kapal peti kemas milik PT Pelayaran Tempuran Emas Tbk, telah sandar di Pelabuhan Malahayati. Beberapa hari ke depan, kapal peti kemas milik PT Kanaka Lines juga akan bersandar.

Bersama 24 pelabuhan lainnya, Pelabuhan Malahayati telah ditetapkan sebagai bagian dari program tol laut yang digagas oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Dengan dibukanya pelayaran peti kemas hari ini, maka Aceh telah terkoneksi dengan jaringan tol laut, yaitu mulai dari Pelauhan Malahayati, Aceh hingga ke Pelabuhan Sorong, Papua Barat. [Sammy/rel]

Related posts