BKKB dan PP Langsa gelar PUG

Sekdako Langsa, Syahrul Thaib. (Ist)

Langsa (KANALACEH.COM) – Sebanyak 53 orang peserta mengikuti sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) yang dilaksanakann Badan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pemberdayan Perempuan (BKKB dan PP) Kota Langsa, terhadap satuan kerja perangkat kota (SKPK) lingkungan Pemko Langsa di Aula Setdako setempat, Selasa (9/8).

Sosialisasi PUG sehari itu diikuti 53 orang terdiri dari Kepala SKPK dan Kasubag Bina Program masing-masing SKPK yang  dibuka oleh Sekdako Langsa, Syahrul Thaib.

Di kesempatan itu, Syahrul Thaib mengaatakan, bidang pemberdayaan perempuan dan pengarusutamaan gender merupakan salah satu urusan wajib yang harus dilaksanakan pemerintah daerah.

Sehingga akan segera terwujud pembangunan yang berkeadilan baik terhadap laki-laki maupun perempuan. Begitu sedemikian pentingnya perencanaan dan penganggaran dengan mempertimbangkan aspek gender.

Oleh karenanya, melalui sosialisasi ini, lanjut Syahrul, para peserta diajak untuk memahami dan mencari solusi yang responsif tentang permasalahan gender maupun pencegahan trafficking.

Penyelenggaraan kegiatan ini juga sebagai ajang pertandingan antar kelompok emansipasi gender di lingkungan Pemko Langsa.

Dengan pemahaman yang didapatnya, maka peserta diharapkan mampu menyebarluaskan kepada masyarakat.

“Serta dapat meningkatkan perannya di lingkungan pemerintahan dan masyarakat dalam mengakses serta mengontrol terhadap pelaksanaan pembangunan sekaligus mengetahui implementasi kesetaraan dan keadilan gender (KKG) di Kota Langsa,” ujarnya.

Sebelumnya, Safrina Salim, Kepala BKKB dan PP Daerah ini mengatakan, tujuan dilaksanakan sosialisasi ini, untuk meningkatkan peran serta setiap SKPK dalam mewujudkan keikutsertaan perempuan disegala bidang pembangunan.

Termasuk, peningkatan pembangunan Kota Langsa yang responsif gender dan meningkatkan kapasitas, wawasan serta pengetahuan SKPK di bidang pengarusutamaan gender melalui perencanaan penganggaran yang responsif gender (PPRG). [Erza]

Related posts