Illiza gandeng Farid Nyak Umar sebagai wakil

Iliza Saadudin Djamal (kanan) dan Farid Nyak Umar (kiri) saat deklarasi pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota banda aceh periode 2017-2022 di markas Sajan illiza Banda Aceh, Jumat (12/8). (Kanal Aceh/Randi).
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Calon Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal resmi menggandeng seorang kader Partai keadilan sejahtera (PKS) Farid Nyak Umar sebagai wakilnya untuk Pilkada Banda Aceh 2017 mendatang.

Hal itu diumumkannya dan didampingi tim pemenangan dalam konferensi pers yang dilakukan di markas Sajan Illiza Banda Aceh, Jumat (12/8).

Illiza yang juga Wali Kota Banda Aceh petahana mengungkapkan, pemilihan wakilnya sudah dibicarakan melalaui mekanisme survei yang dilakukan pihaknya. Dari beberapa survei, Farid Nyak Umar dinyatakan layak untuk mendampingi Illiza.

Ads

“Dari hasil survey yang ada, hasil survei tertinggi ada di Farid. Saya juga merasa ada kecocokan dengan beliau,” ujarnya.

Ia melanjutkan, sosok Farid sudah lama dikenalnya semenjak dirinya duduk di legislatif Banda Aceh periode 2004-2009. Baginya, Farid mampu mengawal berjalannya syariat Islam di Kota Banda Aceh.

Ditanya kenapa memilih wakil dari partai politik, Iliza meyakini bahwa dukungan partai politik sangat penting demi arah pembangunan. Kemudian, bagaimana membangun koalisi di legislatif untuk membangun Banda Aceh bersama-sama.

“Dukungan partai politik ini sangat amat penting bagi kami untuk membangun koalisi,” sebutnya.

Di samping itu, pasangan Illiza-Farid yang baru dideklarasikan ini memperoleh total 12 kursi di DPRK Kota Banda Aceh. Aliran dukungan itu berasal dari Partai Aceh 4 kursi, PKS 4 kursi, PPP 3 kursi dan terakhir PDA 1 kursi.

Ini menandakan bahwa pasangan Illiza-Farid sudah memenuhi  syarat yang telah ditetapkan KIP Banda Aceh untuk calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh lewat jalur parpol sebesar 15 persen dari total 30 kursi yang ada di DPRK Banda Aceh. 15 persen tersebut menjadi 5 kursi yang harus dipenuhi calon untuk maju lewat jalur parpol. [Randi]

Ads