Unsyiah lacak jejak alumni untuk hadapi dunia kerja

  • Whatsapp

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali melacak jejak para alumni program sarjana yang lulus pada tahun 2014 dari berbagai tempat di Indonesia dan seluruh dunia. Upaya itu dilakukan melalui program Tracer Study Alumni Unsyiah sejak 1 Agustus-30 September 2016.

Ketua Career Development Center (CDC) Unsyiah, Dr. Farid Maulana mengatakan, Unsyiah melalui CDC ingin mempersiapkan alumninya menghadapi persaingan global dalam dunia kerja.

Jadi, sambungnya, Unsyiah ingin mendata seluruh alumninya dan menjembatani mereka dengan dunia kerja. Apalagi Unsyiah saat ini telah mendapatkan akreditasi A dan menjadi salah satu perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia.

“Pelaksanaan Tracer Study Alumni Unsyiah tahun 2016 ini berlangsung dua bulan sejak awal Agustus sampai akhir September dengan target responden sekitar 3.700 orang lebih. Maka kami mengajak para alumni Unsyiah di berbagai tempat di Indonesia maupun luar negeri untuk berpartisipasi dalam program ini melalui pengisian kuesioner Tracer Study Alumni Unsyiah di laman http://cdc.unsyiah.ac.id/tracer-study. Bagi yang belum pernah registrasi silahkan klik tanda DAFTAR dengan memberikan beberapa informasi dasar. Unsyiah menjamin kerahasiaan data yang diberikan,” papar Farid, Jumat (12/8).

Ia menambahkan, CDC Unsyiah sudah menyiapkan berbagai hadiah dan souvenir menarik bagi alumni yang mengisi kuesioner secara lengkap. Cara ini ditempuh untuk menyemangati para alumni dalam mengisi kuesioner agar terpenuhinya target response rate sebesar 50 persen. Pengundian dan pengumuman pemenang hadiah akan berlangsung pada awal Oktober 2016 dan informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs www.cdc.unsyiah.ac.id.

“Mencari jejak para alumni merupakan bagian dari tanggung jawab perguruan tinggi untuk menjembatani kebutuhan kerja para lulusan. Dimana nantinya juga akan dilihat sejauh mana pengetahuan dan keterampilan apara alumni sehingga akan disesuaikan dengan kebutuhan bagi lapangan kerja,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Pendataan Alumni dan Tracer Study CDC Unsyiah, Kurnia Saputra menjelaskan, CDC Unsyiah telah mengembangkan sebuah aplikasi SMS Blast berbasis android pada pelaksanaan Tracer Study tahun ini. Tujuannya untuk memudahkan tim Tracer Study CDC Unsyiah dalam menyampaikan informasi pelaksanaan Tracer Study kepada alumni.

‘’Selain SMS Blast, sejak tahun lalu CDC Unsyiah juga telah memiliki aplikasi Email Blast yang berfungsi untuk memberikan informasi berbagai kegiatan CDC Unsyiah seperti informasi lowongan pekerjaan, pelatihan, job fair, Tracer Study, dan kegiatan-kegiatan CDC lainnya”, sebut Kurnia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan Tracer Study 2016 dapat dilihat pada laman CDC Unsyiah atau menghubungi via telepon 0651–7551378, HP/WA 081262123457, dan email [email protected] [Aidil/rel]

Related posts