Cara manfaatkan kopi untuk kecantikan

Ilustrasi bubuk kopi (Pixabay)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari. Tidak hanya untuk diminum, tetapi kopi juga bisa digunakan untuk perawatan wajah dan tubuh.

Kopi selain mempunyai kandungan kafein, ternyata juga memiliki kandungan asam buah, asam organik, lemak, alkaloid, mineral, kalium, magnesium dan besi. Kandungan tersebut bermanfaat bagi kecantikan wajah dan kulit.

Berikut ini cara memanfaatkan kopi untuk menjaga kecantikan Anda, seperti dilansir dari Times of India:

Pengelupasan kulit

Tekstur kasar pada bubuk kopi merupakan bahan yang sempurna untuk mengelupaskan kulit mati. Terapkan kopi yang telah dijadikanscrub kasar pada kulit dalam gerakan melingkar lembut untuk mengelupaskan lapisan kulit mati. Kandungan kefein dalam kopi juga dapat meningkatkan produksi kolagen.

Menyembuhkan mata bengkak

Untuk menghilangkan lingkaran hitam dan mata bengkak, Anda dapat menggunakan kopi. Caranya, gunakan ampas kopi yang sudah dingin untuk diletakkan pada bawah mata dan daerah kelopak mata. Biarkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air dingin.

Memperindah rambut

Anda ingin memiliki rambut indah secara singkat? Kopi mungkin bisa menjadi solusi sederhana untuk membantu Anda. Caranya, tambahkan dua sendok teh bubuk kopi ke dalam kondisioner Anda. Diamkan pada rambut selama lima menit, kemudian bilas.

Mengatasi selulit

Tidak hanya untuk rambut dan kulit, kopi juga dapat mengatasi selulit membandel pada kulit Anda. Pijat kulit yang bermasalah dengan menggunakan scrub kopi.

Hal itu dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengencangkan pori-pori kulit. Kafein dalam kopi dapat memberi pengaruhi positif pada pembuluh darah, sehingga mengurangi bengkak dan peradangan.

Menghidrasi kulit

Tidak hanya sebagai scrub pada kulit, tapi kopi juga bisa menghidrasi kulit dengan sempurna. Itu karena kopi memiliki kandungan antioksidan yang dapat merileksasi kulit lelah.

Anda dapat merendam kulit dengan menambahkan kacang vanili untuk aroma rileksasi dan sedikit minyak zaitun untuk melembutkan kulit.

Menyegarkan kulit

Jika Anda ingin menyegarkan kulit, Anda juga bisa menggunakan kopi. Caranya, bekukan kopi menjadi es dan simpan dalam freezer.

Bila Anda ingin menggunakannya, cukup oleskan es batu di wajah Anda. Ini dapat mengurangi melancarkan peredaran darah, sehingga mengurangi bengkak dan membuat kulit Anda tampak segar. [Viva]

Related posts