Gubernur: Penegakan HAM di Aceh semakin meningkat

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat memberi sambutan para acara peringatan 11 tahun MoU Helsinki dan Hari Damai Aceh di Taman Ratu Safiatuddin, Lampriet, Banda Aceh, Senin, (15/8). (Humas Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan selama 11 tahun perdamaian Aceh, situasi Aceh saat ini dinilai sudah kondusif, bahkan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) menurutnya juga semakin meningkat.

Hal tersebut disampaikannya saat memberi sambutan para acara peringatan 11 tahun MoU Helsinki dan Hari Damai Aceh di Taman Ratu Safiatuddin, Lampriet, Banda Aceh, Senin, (15/8).

“Untuk ini Pemerintah Aceh bersama DPRA telah menetapkan Qanun tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi, yang saat ini sedang dalam proses pelantikan komisionernya. Saya berharapa dalam tahun ini Komisioner KKR sudah mulai bekerja,” katanya.

Menurut Zaini, dalam bidang pembangunan demokrasi saat ini Aceh sudah dua kali melaksanakan pilkada secara langsung dan serentak tanpa ada kendala yang berarti.

“Sehingga tak heran jika Badan Pusat Statistik pernah memposisikan Aceh sebagai wilayah dengan indeks demokrasi tertinggi di Indonesia,” tutur Zaini. [Fahzian Aldevan]

Related posts