Diplomat Korut di London disebut telah membelot

Warga Korea Utara menonton layar raksasa yang menyiarkan pengumuman resmi "keberhasilan" pemerintah meletakkan satelit observasi di orbit. (Reuters)

London (KANALACEH.COM) – Wakil Duta Besar (Dubes) Korea Utara (Korut) di London, Inggris diduga telah membelot ke negara lain bersama keluarganya.

Pembelotan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh seorang pejabat Korut dalam kurun waktu beberapa tahun ini.

Media cetak di Korea Selatan (Korsel), JoongAng Ilbo pada Selasa (16/8) mewartakan, seorang diplomat Korut di Inggris telah membelot bersama istri dan anaknya ke ‘negara ketiga’.

BBC mewartakan diplomat yang membelot tersebut bernama Thae Yong Ho, seorang konselor di Kedutaan Besar Korut yang juga menjabat sebagai wakil Dubes.

Istilah negara ketiga sendiri kerap digunakan oleh media Korsel untuk menyebut negara selain Korut dan Korsel. Hingga kini masih belum diketahui ke negara mana Thae membelot.

JoongAng Ilbo juga mewartakan sang diplomat menggunakan rencana yang sangat teliti dan saat ini sedang dalam proses mendapatkan izin tinggal sebagai pencari suaka di negara ketiga.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (17/8), pejabat di Kedutaan besar Korut di London menolak membenarkan pembelotan tersebut. Mereka hanya mengatakan laporan itu datang mendadak. [Okezone]

Related posts