Gubernur: Hikmah perdamaian adalah inti kemerdekaan

Gubernur Aceh Zaini Abdullah. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan inti kemerdekaan yang sesungguhnya ialah bagaimana masyarakat mengambil hikmah dari perdamaian yang telah dicapai.

“Kita harapkan apa yang telah dirancangkan oleh pemerintah pusat maupun daerah akan berjalan dengan baik dan lancar untuk kemajuan di kemudian hari,” ujarnya saat menjadi inspektur upacara pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Rabu (17/8).

Ia menambahkan, saat mengisi hari kemerdekaan di Aceh harus dibedakan, karena Aceh berbeda dengan daerah lainnya. Itulah yang harus dilaksanakan dengan sebaik baiknya, dengan melanjutkan lobi ke pusat dan diskusi yang lebih detail tentunya.

“Dan ini saya kira akan berhasil, namun dibutuhkan langkah-langkah konkret yang lebih lanjut dalam memaknai kemerdekaan itu sendiri,” tuturnya.

Perayaan kemerdekaan ini, menurut Zaini sangat tepat untuk mengambil momentum kesatuan dan kekompakan untuk saling menjaga bangsa dan daerah sendiri.

“Apalagi enam bulan ke depan Aceh akan menghadapi Pilkada 2017 yang diharapkan terlaksana dengan damai dan demokratis. Semua masyarakat berhak menggunakan hak pilih mereka, tanpa paksaan, intimidasi dan sebagainya dan terus akan damai sampai selesai pilkada,” ujarnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts