Babak semifinal, arena pacuan kuda Hasan Gayo dipadati penonton

Pacuan kuda tradisional Gayo di arena H. Muhammad Hasan Gayo Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu (27/8). (Ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Pacuan kuda tradisional Gayo yang memasuki babak semifinal di arena H. Muhammad Hasan Gayo Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu (27/8) dipadati penonton.

“Memang biasanya seperti itu, dalam sepekan pelaksanaan pacuan kuda, 2 hari terakhir, semifinal dan final ramai dipadati penonton,” ungkap Kadisbudparpora Aceh Tengah, Subhan Sahara di sela pelaksanaan babak semifinal.

Menurut Subhan, pada fase semifinal ada 24 race yang dipertandingkan dengan kuda-kuda yang sudah terseleksi dari 3 kabupaten dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues.

Subhan memastikan pada hari final penonton akan lebih padat dan pihaknya sudah berupaya untuk melakukan antisipasi kepadatan penonton di lokasi arena, tempat parkir maupun lalulintas menuju dan kembali dari arena pacuan kuda.

Tampak menyaksikan perlombaan semifinal, Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, anggota DPRA Iberamsyah, beberapa anggota DPRK dan pimpinan SKPK yang sebagian besar juga pemilik kuda.

Nasaruddin turut memberikan sejumlah dana pembinaan bagi seluruh joki yang tampil dalam setiap race sembari memberi semangat untuk tampil lebih baik bagi joki dan kuda yang memasuki putaran final. [Sammy/rel]

Burni Telong Festival

Related posts