Apple bikin teknologi tangkap maling iPhone

Ilustrasi iPhone. (AFP)

Jakarta (KANALACEH.COM) – iPhone seringkali menjadi incaran para pencuri. Karena itu, Apple membuat teknologi yang dapat menangkap para pencuri iPhone.

Sejauh ini Apple telah melakukan banyak hal untuk mengantisipasi pencurian iPhone. Mereka pernah membesut fitur Find My iPhone untuk mencari posisi terakhir ponsel. Ada pula teknologi enskripsi yang aktif ketika pengguna salah memasukkan password berulang kali.

Namun, hal itu tidaklah cukup. Dengan teknologi yang memadai seperti saat ini, maling-maling itu bisa saja membobol dua fitur tersebut.

Karena itu, Apple ingin agar pencuri iPhone itu langsung dibekuk di tempat tanpa disadari oleh sang pencuri.

Perusahan bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat itu mengembangkan sebuah fitur yang diberi nama ‘capturing biometric information for identifying unauthorized users’.

Dilansir Engadget, Minggu (28/8), sistem akan secara otomatis menangkap data sidik jari dan gambar dari pengguna ketika verifikasi gagal dilakukan.

Tak hanya itu, beberapa informasi data biometris lainnya, semisal waktu, lokasi perangkat, kecepatan, tekanan udara, data audio, dan lainnya akan dikumpulkan. Semua informasi itu akan dikirim ke server Apple.

Tentu saja teknologi ini akan menjadi permasalahan besar bagi pencuri, karena mereka akan butuh waktu untuk mengutak-atik iPhone yang dicurinya.

Namun, hal ini juga akan menjadi masalah jika ternyata yang mengutak-atik tak lain adalah anak-anak yang tidak sengaja telah memicu aktifnya sistem tersebut.

Belum diketahui kapan teknologi ini akan diterapkan. Sebab Apple baru saja mengajukan paten ini dan belum disetujui oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO). [Detik]

Related posts