Bank Aceh raih penghargaan Infobank Golden Award 2016

Penghargaan Infobank Award 2016 yang diterima Bank Aceh. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Bank Aceh mendapatkan penghargaan Infobank Golden Award 2016 dari biro riset Majalah Infobank dengan predikat Kinerja Sangat Bagus Selama 5 Tahun Berturut-Turut untuk kategori bank asset Rp10 triliun hingga Rp25 triliun, Kamis (25/8).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Pengembangan dan Bisnis majalah infobank, Dwie Setyowati di ballroom Royal Ambarrukmo Hotel, Jogyakarta, Kamis (25/8) dan diterima langsung oleh Corporate Secretary Bank Aceh Amal Hasan atas nama Direktur Utama Bank Aceh.

Direktur Utama Bank Aceh Busra Abdullah melalui Corporate Secretary Amal Hasan menjelaskan penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian stabilitas dan kemampuan meningkatkan kinerja keuangan bank umum diseluruh Indonesia yang dilakukan oleh biro riset dan penelitian majalah infobank setiap tahunnya.

Kajian rating yang dilakukan Biro Riset Infobank didasarkan pada tujuh kriteria: (1) Profil Risiko; (2) Good Corporate Governance (GCG); (3) Permodalan, yaitu capital adequacy ratio( CAR) dan pertumbuhan modal inti; (4) Kualitas Aset, yaitu NPL dan pertumbuhan kredit yang diberikan; (5) Rentabilitas, yaitu return on assets (ROA), return on equity (ROE), dan pertumbuhan laba tahun berjalan; (6) Likuiditas, yaitu loan to deposit ratio (LDR), pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), dan dana murah dibandingkan dengan DPK; serta (7) Efisiensi, yaitu beban operasional dibandingkan dengan pendapatan operasional (BO/PO) dan NIM.

Ditambahkan Amal Hasan, hanya dua bank umum kelompok aset Rp10 triliun hingga Rp25 triliun yang berhasil mendapatkan penghargaan Infobank Golden Award 2016, yaitu Bank Aceh dan Bni Syariah.

“Ini tentu sangat membanggakan karena bank milik rakyat Aceh ini terbukti semakin kokoh menancapkan langkahnya dalam peta perbankan nasional. Bank Aceh kini semakin diperhitungkan untuk bersanding dan bersaing dengan bank-bank nasional lainnya,” ujarnya.

Infobank Golden Award 2016 ini menjadi penghargaan yang kelima diraih Bank Aceh dalam tahun 2016 setelah sebelumnya berhasil mendapatkan empat penghargaan secara nasional yaitu Award TopBUMD 2016, Award  Top CEO BUMD 2016, Award Pembina BUMD 2016, dan Award the Best Syariah 2016.

“Keberhasilan meraih anugerah infobank Golden Award 2016 ini menjadi lebih fantastis karena pada waktu bersamaan kinerja Bank Aceh juga terus menunjukkan  tren pertumbuhan yang sangat positif,” ujar Amal.

Amal Hasan menjelaskan sampai dengan periode 30 Juni 2016, pertumbuhan total aset Bank Aceh sudah mencapai Rp20,785 triliun dengan kemampuan menghasilkan laba sebesar Rp307,7 miliar.

Sementara penyaluran dana dalam bentuk kredit dan pembiayaan telah mencapai sebesar Rp12,18 triliun, dan dana pihak ketiga yang dihimpun mencapai  Rp16,8 triliun.

“Award ini akan menjadi motivasi dan semangat untuk menuju program konversi Bank Aceh menjadi Bank Aceh Syariah yang insya Allah akan terwujud dalam waktu dekat. Kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah memberikan dukungan kepada kemajuan Bank Aceh,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts