Bom bunuh diri meledak di Kedubes Tiongkok di Kirgistan, tiga orang terluka

Orang-orang berkumpul dekat lokasi ledakan di Kedubes Tiongkok di Bishkek, Kirgistan, Selasa (30/8). (Xinhua)

Bishkek (KANALACEH.COM) – Sebuah mobil yang dikendarai pelaku bom bunuh diri meledak setelah menabrak gerbang Kedutaan Besar Tiongkok di Kirgistan, Selasa (30/8). Tiga orang terluka dalam kejadian tersebut.

“Setelah ledakan, hanya pelaku bom bunuh diri yang tewas. Beberapa petugas keamanan terluka,” kata Wakil Perdana Menteri Kirgistan Jenish Razakov, seperti dikutip AFP.

Razakov mengatakan ketiga korban luka adalah pegawai Kirgistan yang bekerja di Kedubes Tiongkok. Tim medis mengatakan luka ketiga korban tidak terlalu parah.

Sumber dari kepolisian Bishkek mengatakan kepada AFP bahwa sebuah mobil jenis Mitsubishi Delica menghantam pagar Kedubes Tiongkok dan meledak di pusat kompleks yang berdekatan dengan rumah duta besar.

Seorang sumber lainnya dari badan keamanan Kirgistan — negara yang berbatasan dengan Tiongkok — mengatakan “bahan peledak” telah dipasang di dalam kendaraan.

Warga lokal mengaku mendengar suara kencang dari arah Kedubes Tiongkok yang juga memecahkan beberapa kaca jendela.

Karyawan Kedubes Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) di pinggir kota Bishkek dievakuasi ke lokasi aman.

Kirgistan adalah negara yang sempat dilanda kekacauan politik dan gerakan ekstremisme. Pemerintahan Kirgistan pernah dua kali digulingkan dan kekerasan etnis telah menelan ratusan nyawa sejak negara sekutu Rusia itu merdeka pada 1991.

Pemerintah Kirgistan mengestimasi sekitar 500 warganya telah bergabung dengan kelompok militan Islamic State (ISIS) di Irak dan Suriah. [Metrotvnews]

Related posts