Hujan lebat, puluhan rumah di Abdya direndam banjir

Ilustrasi banjir. (Kompas)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Hujan yang melanda Kabupaten Abdya sejak Selasa (30/8) malam mengakibatkan sebanyak 62 rumah masyarakat di Desa Ie Mirah, Kecamatan Babahrot, terendam banjir.

Ketinggian air mencapai 50 cm hingga 90 cm. Namun, pada pukul 04.00 WIB hujan mulai reda, dan beberapa jam kemudian air yang meredam rumah masyarakat, berangsur surut.

Sebagian masyarakat yang sebelumnya mengungsi ke rumah lebih tinggi, mulai pulang ke rumah masing-masing.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin mengatakan banjir yang melanda Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot itu disebabkan Sungai Ie Merah meluap ke rumah penduduk.

“Total masyarakat yang terkena banjir berjumlah 134 KK. Bantuan berupa baju seragam sekolah, selimut, beras, air bersih dan bantuan lainnya sudah kita serahkan,” ujar kepala BPBK Abdya, Amiruddin didampingi Wakil Ketua DPRK Abdya, Jismi seusai menyerahkan bantuan.

Selain itu, kata Amir, sepanjang 80 meter talut badan jalan nasional di kawasan Ie Merah, Kecamatan Babahrot juga rusak diterjang banjir.

“Solusinya harus dilakukan normalisasi sungai, dan sungainya juga harus diluruskan. Persoalan anggaran, akan kita usulkan pada APBK atau kita koordinasi dengan Dinas PU,” pungkasnya. [Serambi]

Related posts