Harga ayam potong di Lhokseumawe turun hingga 60 persen

Harga Ayam Naik, Pembeli Sepi
Seorang penjual sedang merapikan daging ayam di pasar

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Harga ayam potong di sejumlah pasar dalam wilayah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, turun hingga 60 persen, karena banyaknya pasokan dari para peternak.

Mursalin, salah seorang pedagang di Pasar Inpres Lhokseumawe, Sabtu mengatakan, harga ayam potong sempat melambung Rp32 ribu, tapi saat ini turun menjadi Rp20 ribu/Kg.

“Para peternak sekarang ini lagi panen banyak, sehingga pasokan ke pasar juga melimpah yang mengakibatkan harganya juga anjlok,” katanya.

Sebut pedagang ini, hampir semua lokasi peternakan yang ada di wilayah sekitar Lhokseumawe, saat sekarang sedang berproduksi dan siap panen yang terjadi hampir secara bersamaan, sehingga mengakibatkan harganya juga anjlok di pasar.

Sementara itu, salah seorang pedagang penyalur ayam pedaging ke pasar yang ada di Lhokseumawe M Thaib membenarkan bahwa murahnya harga ayam pedaging dikarenakan banyaknya peternak yang sudah bisa memanen ayamnya.

“Meskipun tidak lama lagi Hari Raya Idul Adha, Namun karena pasokannya banyak harganya tetap murah. Namun apabila, tiba-tiba barang putus maka harganya dengan segera akan melonjak,” terang penyalur ayam pedaging tersebut.

Sebutnya lagi,  untuk kebutuhan ayam pedaging di Kota Lhokseumawe mencapai 2.000 ekor setiap harinya, yang dipasok dari sejumlah peternakan yang ada di sekitar wilayah itu dan Kabupaten Aceh Utara. [Antara]

Related posts