Pemko Langsa sudah kumpulkan 85 ekor hewan kurban

Ilustrasi hewan kurban. (Kompas)

Langsa (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Langsa melalui Dinas Syariat Islam (DSI) setempat sudah mengumpulkan 85 ekor hewan kurban, masing-masing 65 ekor sapi dan 18 ekor kambing untuk dibagikan kepada warga miskin pada Hari Raya Idul Adha 1437 H nanti.

“Setiap seekor sapi pemilik kurbannya sebanyak tujuh orang dan seekor kambing satu orang,” jelas Kepala DSI Langsa, Ibrahim Latief, Minggu (4/9).

Dikatakannya, program kegiatan pengumpulan hewan kurban yang disalurkan kepada warga miskin sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir.

“Ini merupakan salah satu program unggulan Wali Kota/Wakil Wali Kota Langsa, Usman Abdullah dan Marzuki Hamid, yang perlu dilanjutkan untuk masa akan datang,” ujarnya.

Hewan-hewan kurban itu diserahkan ke Pemko Langsa pada H-1 Idul Adha dan dikumpulkan di Lapangan Dusun Pendidikan Gampong Paya Bujok Seulamak, Kecamatan Langsa Baro.

Kemudian wali kota akan menyerahkan kepada warga miskin melalui keuchik masing-masing gampong dan setiap gampong jumlah hewan kurbannya bervariasi, sesuai dengan jumlah kepala keluarga (KK) miskin di sana.

“Ada yang satu hingga dua ekor sapi plus kambing yang diserahkan kepada keuchik nantinya. Namun, gampong yang mayoritasnya ekonomi kelas menengah ke atas atau gampong yang sudah banyak hewan kurbannya tidak mendapatkan lagi,” ujarnya.

Ia menambahkan, bagi PNS di SKPK dalam lingkungan Pemko Langsa, instansi vertikal, BUMN/BUMD yang belum melaporkan jumlah hewan kurbannya agar segera melaporkannya. [Erza]

Related posts