Idul Adha, masyarakat Nagan Raya habiskan waktu bersama delman

Suasana masyarakat Desa Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur menyambut hari Raya Idul Adha dengan bermain bersama delman. Senin, (12/9). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Nagan Raya (KANALACEH.COM) – Dalam rangka hari raya Idul Adha 1437 H sejumlah masyarakat di Desa Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya menghabiskan waktu sorenya dengan cara mengajak keluarga bermain bersama delman atau kendaraan kuda.

Delman yang langsung dibawa dari Padang, Sumatera Barat inipun mampu menarik perhatian masyarakat setempat.

Selain baru pertama kalinya, juga harga untuk bisa menikmati perjalanan dan merasakan suasana khas bukit tinggi ini sangat relatif murah.

“Untuk dewasa Rp.10.000, anak-anak hanya Rp.5000 itu jaraknya 1 Kilometer perjalanan,” jelas Randi salah satu pawang kepada Kanalaceh.com, Senin (12/9) sore.

Randi menjelaskan kuda tersebut lansung dari Padang yang disebar untuk beberapa daerah.

“Ada 3 kuda di kecamatan ini, dan 3 kuda di daerah Simpang empat Jeram, kemudian 3 kuda di Meulaboh, Aceh Barat,” katanya.

Ia juga menambahkan bagi masyarakat yang ingin mencoba delman tersebut pihaknya membuka mulai sore hingga malam.

“Mulai dari pukul 16.00 WIB sore sampai pukul 21.30 WIB malam,” sebutnya.

Risma, salah satu pengunjung rela mengantri untuk bisa menikmati perjalanan delman itu, ia mengaku baru pertama kalinya.

“Saya secara khusus bersama keluarga untuk menikmati secara lansung delman ini, karena baru pertama kali ada di daerah saya, selain itu juga aman sebab ada pawang yang mendampingi,” pungkasnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts