Pemko Langsa salurkan hewan qurban

Ilustrasi - hewan qurban. (Antara)

Langsa (KANALACEH.COM) – Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, secara simbolis menyalurkan hewan qurban kepada masing-masing keuchik (kepala desa) di wilayah Pemko Langsa yang dipusatkan di lapangan Dusun Pendidikan Gampong (desa) Paya Bujok Seulamak, Kecamatan Langsa Baro, Minggu (11/9).

Penyaluran hewan kurban itu juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid, Kepala SKPK dan sejumlah Muspika.

Sementara puluhan hewan kurban merupakan sumbangan yang dikumpulkan dari PNS lingkungan SKPK Pemko Langsa, instansi vertikal dan BUMN/BUMD.

Sebelum penyaluran hewan kurban, ustad H Muhammad Tabri Lc, dalam tausiahnya menyampaikan, berkurban wajib hukumnya bagi orang yang telah mampu.

Dalam hadist Rasullah SAW mengatakan, siapa saja yang sudah mampu tetapi ia tidak berkurban maka ia janganlah mendekati tempat salat ied.

Sementara Wali Kota Langsa, mengharapkan, pada hari raya Idul Adha 1437 H ini, semua warga miskin di semua gampong dalam wilayah Pemko Langsa, dapat merasakan dan menikmati manisnya daging kurban.

“Terima kasih kepada semua dinas dilingkungan Pemko Langsa, instansi vertikal yang sudah berkurban dan semoga menjadi amalibadah.Selain itu, atas partisipasinya dalam berkurban warga miskin dapat menikmati manis daging kurban pada hari raya idul adha,” ujarnya.

Kemudian, kepada para keuchik diminta untuk memberikan daging kurban kepada yang benar-benar berhak mendapatkannya dan jangan sampai ada warga miskin di gampong masing-masing terlewatkan alias tidak mendapatkan daging kurban.

Kendati demikian, kita berharap bagi masyarakat yang mampu jangan sampai ada menerima daging kurban ini, karena itu bukan haknya tapi berikanlah kepada warga miskin.

Selain itu, bagi gampong yang tidak mendapatkan hewan kurban ini, agar jangan cemburu, karena penyaluran hewan kurban ini telah dilakukan evaluasi terhadap gampong mana yang banyak warga miskin dan dengan adanya kebersamaan ini mudah-mudahan bisa dinikmati orang lain yang tidak mampu.

Karenanya, kita minta kepada Dinas Syariat Islam (DSI) setempat, sebagai panitia pelaksana pengumpulan hewan kurban agar benar-benar di evaluasi dan lebih terkoordinir dalam penyaluran hewan kurban ini.

Kepala DSI setempat, Drs Ibrahim Latief, dalam laporannya, menyampaikan, sebanyak 83 hewan kurban itu terdiri dari 65 ekor sapi dan 18 kambing yang akan dibagikan kepada warga miskin melalui masing-masing keuchik. [Erza]

Related posts