Mendukung Pilkada, Pangdam IM apelkan kendaraan dinas

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Untuk mendukung jalannya Pilkada serentak di Aceh yang aman dan tertib, Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI L Rudy Polandi menggelar apel Kendaraan Dinas (Randis) semua satuan jajaran se-Garnizun Banda Aceh, yang berlangsung di lapangan Blang Padang Banda Aceh, Rabu (14/9).

Dalam apel ini, sebanyak 44 unit jenis truk/ransus dan 74 unit jenis Jeep/truk ¾ Ton serta 200 unit kendaraan roda dua (sepeda motor) diperiksa.

Pemeriksaan yang dilakukan, meliputi, Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), kesehatan mesin, perlengkapan kendaraan meliputi ban, rem, lampu, klakson, kaca spion, dan sistem pendinginan agar siap dioperasionalkan untuk mendukung tugas pokok Kodam Iskandar Muda.

Ia mengatakan pengecekan tersebut sudah menjadi rutinitas satuan untuk mengetahui kondisi kesiapan operasional kendaraan, sehingga kendaraan selalu siap sewaktu-waktu akan dioperasionalkan demi kelancaran tugas kedepan, layak atau tidak layak.

Menurutnya, pemeriksaan dan pengecekan seperti ini akan terus rutin dilaksanakan terhadap seluruh kendaraan dinas maupun Alutsista satuan jajaran personel Kodam Iskandar Muda, agar senantiasa siap operasional dan memiliki usia pakai yang panjang.

Rudy Polandi berpesan kepada para pengemudi dan pengguna kendaraan dinas harus terus melakukan pemeliharaan secara rutin, sesuai dengan 16 tugas pengemudi yaitu checking (pemeriksaan) mesin, selain itu memenuhi dan mematuhi aturan berkendaraan dijalan raya.

Dalam pemeriksaan tersebut, dirinya menemukan adanya plat kendaraan dinas yang sudah berkarat dan tidak layak terpasang di kendaraan dan kebersihan dari kendaraan menjadi perhatian khusus Mayjen TNI L Rudi Polandi.

Selain itu, ia juga menekankan kepada seluruh prajurit dijajaran Kodam IM, agar menjadikan dua hal temuan tersebut sebagai prioritas utama dalam memenuhi kriteria kelayakan kendaraan dinas dilapangan. [Aidil/rel]

Related posts