Rekapitulasi syarat dukungan, pasangan AZAN unggul di 17 daerah

Jumlah dukungan ktp AZAN terbanyak 138.626

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dari hasil rapat pleno yang diadakan KIP Aceh di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Kamis (15/9), mengenai rekapitulasi syarat dukungan KTP dari 23 kabupaten/kota, pasangan Zaini Abdullah – Nasaruddin (AZAN) unggul di 17 daerah di Aceh.

Meskipun masih sebatas syarat dukungan KTP, hal itu menunjukkan pasangan AZAN masih mendominasi pasangan yang maju sebagai cagub/cawagub lewat jalur independen di setiap daerah.

Dari data yang dihimpun Kanalaceh.com, dari 23 kabupaten/kota pasangan AZAN mampu mendapat dukungan dari masyarakat lewat KTP yang diberikan. Dari total dukungan KTP, pasangan AZAN memperoleh 138.594.

Hasil dukungan itu jauh dari pasangan lainnya yang maju lewat jalur independen. Sementara, pasangan Abdullah Puteh – Sayed Mustafa memperoleh 79.417 dukungan kemudian pasangan Zakaria Saman – Alaidinsyah sejumlah 79.893 dukungan KTP.

Namun, jumlah itu masih kurang. Sebagaimana diketahui jumlah minimal syarat dukungan KTP untuk calon independen sejumlah 153.045 dukungan.

Kemudian kekurangan itu harus dipenuhi sebanyak dua kali lipat dari total kekurangan dan diserahkan kembali ke KIP Aceh tanggal 29 september – 1 oktober.

Apabila dalam waktu yang sudah ditetapkan pasangan calon independen ini tidak menyerahkan sejumlah kekurangan itu, akan tidak diikutsertakan dalam pemilihan calon gubernur Aceh 2017 mendatang.

Ridwan Hadi juga mengatakan, bahwa calon tersebut juga harus memenuhi syarat lainnya, berupa mampu mengaji, dinyatakan sehat dan menyetujui tahapan pilkada yang telah ditetapkan.

“Kalau ada salah satu yang tidak dipenuhi syaratnya, maka yang bersangkutan tidak dapat ditetapkan sebagai calon kepala daerah,” ujar Ridwan kembali.

Sementara, tim sukses pasangan AZAN, Akhirruddin menyebutkan, saat ini pihaknya sudah memperoleh 50 ribu dukungan KTP yang diberikan oleh masyarakat sebagai tambahan untuk kekurangan KTP.

“Kita sudah antisipasi itu, saat ini sudah ada 50ribu KTP dukungan dan itu akan bertambah terus dari setiap daerah,” sebutnya. [Randi]

Related posts