Aceh perkuat pelayanan kesehatan tingkat pertama

Gubernur Aceh diusulkan terima penghargaan bidang perkoperasian
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menegaskan Pemerintah Aceh bertekad memperkuat pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

“Kami terus berupaya dan bertekad meningkatkan pelayanan kesehatan di tingkat pertama, sehingga masyarakat merasakan pelayanan kesehatan yang optimal,” kata Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Banda Aceh, Jumat (16/9).

Pernyataan tersebut disampaikan Zaini Abdullah dalam sambutannya ketika menutup Jambore Pelayanan Primer III Divisi Regional I Aceh dan Sumatera Utara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Gubernur mengatakan dengan meningkatnya pelayanan kesehatan di fasilitas tingkat pertama, seperti puskesmas, diharapkan masyarakat tidak lagi berobat ke rumah sakit. Cukup ke puskesmas saja.

Zaini Abdullah menambahkan, ada sekitar 155 jenis penyakit yang bisa ditangani oleh puskesmas. Dan ke depan, puskesmas tersebut diupayakan bisa menangani lebih banyak lagi penyakit.

Selain memperkuat pelayanan kesehatan di fasilitas tingkat pertama, Gubernur Aceh mengatakan Pemerintah Aceh juga menyediakan anggaran lebih dari Rp500 miliar untuk program Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh.

“Anggaran tersebut dialokasikan setiap tahun. Program Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh atau JKRA ini sudah berlangsung sejak tahun 2010,” ungkap Zaini.

Menurutnya, program jaminan kesehatan tersebut merupakan dukungan dan tanggung jawab Pemerintah Aceh kepada masyarakat. Dan ini juga merupakan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh atau dikenal dengan UUPA.

“Karena itu, kami menyajak semua penyelenggara di fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatannya kepada masyarakat. Tentunya, kami juga berharap kesehatan masyarakat Aceh ikut meningkat,” katanya. [Antara]

Related posts