Api PON bertolak ke Stadion GBLA untuk pembukaan PON

Bandung (KANALACEH.COM) – Api PON XIX/2016 sampai di titik akhir. Kirab api PON sudah tiba di Kota Bandung, tepatnya di Pemkot Bandung dan Gedung Sate, dan akan menuju lokasi pembukaan malam nanti.

Estafet penyerahan api PON sendiri dilakukan di Gedung Sate, Sabtu (17/9), tepatnya pukul 08.00 WIB. Kirab api PON ini lantas melanjutkan perjalanan terakhir dari Gedung Sate menuju ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), menempuh jarak 18 KM, ke lokasi yang menjadi titik finis sekaligus tempat acara pembukaan PON nanti malam.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan sekaligus Ketua Umum PB PON Jabar mengungkapkan, perjalanan api PON telah menempuh jarak ribuan kilometer dengan mengitarai 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Jarak tersebut merupakan jarak terpanjang dalam mengarak api PON.

“Jarak ini merupakan terpanjang mengarak api PON. Hari ini api obor sampai 1.004,5 KM,” ujar pria yang akrab disapa Aher ini di Gedung Sate, Sabtu (17/9).

Iring-iringan api PON dari Gedung Sate melintas kawasan Kiaracondong untuk dilanjutkan masuk ke Jalan Soekarno Hatta mengarah ke Stadion GBLA.

Setelah sampai di perempatan Gedebage, rombongan akan masuk ke kawasan komplek peti kemas sebagai akses jalan menuju lokasi acara pembukaan.

Aher menyebut, perjalanan panjang api PON ini rencananya akan di daftarkan untuk pemecahan rekor. “Ini akan di daftarkan ke MURI,” tegasnya.

Secara estafet Aher menyerahkan api PON untuk dibawa kembali atlet legenda Jawa Barat untuk disemayamkan di Stadion GBLA.

Pembukaan nanti rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo yang akan menekan sirine pertanda PON XIX dan Peparnas XV Jawa Barat 2016 resmi dibuka. [Detik]

Related posts