Disbudpar Aceh gelar Rakor kebudayaan dan pariwisata

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) kebudayaan dan pariwisata di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Senin (19/9).

Rakor tahunan yang direncanakan dihadiri Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya bertemakan Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Reza Fahlevi menyebutkan, Menteri Arief Yahya akan menjadi keynote speech pada pembukaan acara tersebut.

“Selain Pak Arief, nantinya dalam Rakor ini juga menghadirkan peserta yang terdiri dari bupati/wali kota se-Aceh, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten/kota se-Aceh, SKPA dan stakeholder terkait serta sejumlah narasumber, seperti Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Bupati Banyuwangi dan Tim Percepatan Destinasi Halal Kemenpar,” jelas Reza.

Tujuan Rakor ini, tambah Reza, untuk mensinergikan dan mendapatkan platform yang sama tentang pembangunan wisata halal di Aceh dari semua elemen, mulai dari Pemerintah Pusat, pemerintah daerah, akademisi, pelaku bisnis, media dan komunitas.

“Adapun agenda kegiatan Rakor selain seminar, kita juga melakukan launching “The Light of Aceh” by Wonderful Indonesia serta deklarasi dan penandatanganan komitmen untuk Pembangunan Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan,” tambahnya.

Sementara itu, berselang satu hari, tanggal 20 September juga akan dilanjutkan dengan agenda Rapat Koordinasi Pengembangan Wisata Bahari Sabang yang diadakan di Resort Gapang, Pulau Weh.

Kegiatan Rakor di Kota Sabang, sambung Reza juga sebagai bagian untuk mendapatkan kesepakatan dan komitmen para pihak yang secara operasional dapat diterapkan dalam mengembangkan Kota Sabang sebagai gerbang wisata bahari di ujung barat Indonesia.

“Diharapkan melalui kedua kegiatan Rakor ini akan mempercepat pencapaian Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan,” harapnya. [Aidil/rel]

Related posts