Google dikabarkan nyatakan minat beli Twitter

Twitter. (Reuters)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Twitter sedang dalam masa sulit. Kini perusahaan jejaring sosial 140 karakter  itu sedang mempertimbangkan untuk menjual bisnisnya.

Sumber dalam Twitter mengatakan mereka telah menerima pernyataan ketertarikan dari sejumlah perusahaan.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (24/9), sumber dalam Twitter mengatakan, salah satu perusahaan yang sudah menyatakan tertarik atau berminat membeli Twitter adalah raksasa internet, Google.

Kabar Google ingin membeli Twitter ini bukan untuk yang pertama kali. Pada April 2015 lalu, Google dikabarkan telah ancang-ancang membeli Twitter. Sementara laporan terbaru kali ini menyebut Google telah menyampaikan minatnya kepada Twitter.

Dengan membeli Twitter, Google disebut bakal memiliki pondasi yang kuat untuk bersaing dengan Facebook, setelah perusahaan asal Mountain View itu gagal dengan Google Plus-nya.

Dalam waktu dekat, Twitter dilaporkan akan menerima permintaan penawaran secara resmi. Selain Google, ada pula perusahaan teknologi seperti Salesforce.com dan perusahaan media News Corporation yang didirikan oleh konglomerat Rupert Murdoch.

Kabar ini sempat mendongkrak harga saham Twitter 21 persen di bursa pada Jumat (23/9) lalu.

Jika jadi dijual, lantas berapa harga yang layak untuk Twitter? Sumber dalam industri menyebut harga saham Twitter berkisar 26 dollar AS (sekitar Rp 360.000) per lembar, harga tersebut 3,50 dollar AS lebih tinggi dibanding harga saham Twitter saat penutupan bursa Jumat lalu.

Sementara analis di situs Recode menaksir Twitter bernilai antara 18 miliar (Rp235 triliun) hingga 30 miliar dollar AS (Rp392 triliun).

Sekali lagi, kabar ketertarikan Google ini baru permulaan saja, belum tentu akhirnya Google dan twitter menemui kata sepakat. Namun setidaknya, kabar ini bisa mendongkrak saham Twitter di bursa. [Kompas]

Related posts