BlackBerry siap produksi smartphone android di Indonesia

Jakarta (KANALACEH.COM) – BlackBerry Limited mengumumkan perjanjian dalam usaha bersama atau joint venture yang baru terbentuk, PT BB Merah Putih, untuk memberikan lisensi software dan layanan BlackBerry untuk memproduksi handset bagi pasar Indonesia.

Kerja sama ini mempercepat fokus BlackBerry secara keseluruhan dalam mendorong perkembangan perangkat lunak, terutama dalam mengembangkan dan memberikan lisensi software perangkat, melalui divisi bisnis Mobility Solutions.

BB Merah Putih akan membuat, mendistribusikan, dan mempromosikan perangkat bermerek BlackBerry yang menggunakan software dan aplikasi Android BlackBerry.

BB Merah Putih akan memiliki akses penuh terhadap BlackBerry, termasuk software BlackBerry untuk Android dalam memproduksi perangkat baru di Indonesia.

Perjanjian ini tercipta sebagai bentuk dukungan kepada usaha pemerintah Indonesia untuk mempromosikan pengembangan, memproduksi, dan pembuatan barang menggunakan sumber lokal, dan juga meningkatkan jumlah smartphone LTE dengan nilai tambah, yang tersedia dan terjual di Indonesia.

Joint venture ini dipimpin oleh PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk, salah satu perusahaan telekomunikasi dengan jaringan distribusi terluas di Indonesia.

PT Tiphone adalah afiliasi dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, yang merupakan salah satu operator terbesar di Indonesia. Perusahaan joint venture ini dan afiliasinya secara total memiliki hampir setengah dari pasar mobile di Indonesia.

“BlackBerry bukan lagi sekadar ponsel cerdas, tetapi kecerdasan dalam ponsel. Bekerja dengan mitra terpercaya untuk memperluas jangkauan dan ketersediaan dari software mobilitas kami yang aman adalah fokus utama bagi divisi Mobility Solutions. Joint venture ini adalah salah satu dari langkah selanjutnya dalam membuat strategi lisensi software kami berhasil,” kata John Chen, Executive Chairman dan CEO BlackBerry, Rabu (28/9).

BB Merah Putih terdiri dari perusahaan dengan latar belakang kuat dalam menyediakan layanan mobile yang inovatif kepada para pelanggannya, membuat joint venture yang baru terbentuk ini sebagai kemitraan sempurna untuk menawarkan mobile software BlackBerry yang aman dan terpercaya, tersedia secara eksklusif bagi konsumen Indonesia.

“BlackBerry adalah merek yang dipercaya dan dihormati di Indonesia, dan kemitraan ini memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman seluler yang diharapkan oleh para pelanggan kami dengan produktivitas dan keamanan yang disediakan oleh BlackBerry,” ujar Tan Lie Pin, CEO PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk.

Memanfaatkan software Android BlackBerry yang aman, lanjutnya, akan menjadi kesempatan yang sangat berarti bagi perusahaan. Tan Lie Pin berharap dapat menghasilkan perangkat inovatif dan berkualitas tinggi bagi para pelanggannya di Indonesia.

Divisi BlackBerry Mobility Solutions mengelola bisnis smartphone BlackBerry dan pengembangan software untuk perangkat, termasuk memaksimalkan fitur dari software BlackBerry 10 dan membuatsoftware tersebut dapat diakses diplatform lain, termasuk Android.

Kemitraan terbaru ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan BlackBerry untuk mendorong pertumbuhan solusi mobilitas yang aman dan terpercaya pada semuaplatform dan perangkat.

Dengan bekerja bersama pihak ketiga seperti BB Merah Putih, BlackBerry dapat memajukan pengenalan merek perusahaan dan berkominten akan keamanan yang mencapai tingkat regional dan pengguna di seluruh dunia. [Liputan6]

Related posts