Pengungsi Rohingya di Aceh akan dipindahkan ke AS

Langsa (KANALACEH.COM) – Solusi terkait masalah pengungsi etnis Rohingya yang ada di Aceh terus dicari. Dalam waktu dekat ini, puluhan pengungsi yang menempati Shelter Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Barat akan diboyong ke Amerika Serikat (AS).

Demikian hal itu dikatakan Asissten I Pemko Langsa, Suriyatno yang juga Wakil Ketua Satgas penanganan pengungsi Rohingya di Langsa, Sabtu (1/10).

Lanjutnya, kemungkinan besar dalam waktu dekat ini 60-an sisa pengungsi Rohingya yang menempati Shelter Timbang Langsa akan dieksekusi ke Medan Sumut untuk dicek kesehatannya oleh tim dari Amerika Serikat.

Karena AS merupakan negara yang menerapkan program menampung pengungsi terbanyak dari penjuru dunia, kemudian ditahun 2017 ini, jelas Suriyatno, negara AS telah memprogramkan menampung pengungsi sebanyak 110 ribuan orang, prioritas utama pengungsi etnis Rohingya yang ada di Aceh.

Meski demikian, negeri berjuluk Paman Sam pun menerapkan standar sebelum pengungsi pencari suaka masuk ke negaranya. Seperti pemeriksaan secara ketat menyangkut kesehatan dan latar belakang para pengungsi.

Selanjutnya mengenai bangunan Shelter Penampungan Timbang Langsa di Kecamatan Langsa Barat akan menjadi aset daerah, dan akan digunakan untuk kebutuhan sosial masyarakat.

“Misalnya saja, dibuat untuk pesantren ataupun tempat pemondokan sementara kegiatan yang dicanangkan daerah,” kata Suriyatno. [Erza]

Related posts