Archandra Tahar masuk dalam daftar calon Menteri ESDM

Archandra Tahar . (seword.com)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo sudah mengantongi sejumlah nama calon Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang salah satunya segera dilantik sebagai pejabat definitif. Juru Bicara Presiden Johan Budi mengungkapkan, Archandra Tahar masuk dalam daftar kandidat.

“Saya kira masuk juga,” kata Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (12/10).

Mantan Juru Bicara KPK ini memastikan, nama-nama calon Menteri ESDM yang dirahasiakan jumlahnya ini berasal dari kalangan profesional. Jokowi, katanya, sudah mengantongi daftar nama itu sejak pekan lalu.

Saat ini, jabatan Menteri ESDM dirangkap oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Dia ditunjuk Jokowi sebagai pejabat sementara sejak Archandra Tahar diberhentikan secara hormat pada 15 Agustus karena polemik dwikewarganegaraan.

Jokowi kepada Johan dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno pernah mengatakan, pergantian atau pelantikan Menteri ESDM akan dilakukan dalam waktu dekat.

Menurut Johan, hanya Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mengetahui pasti waktu pelantikan Menteri ESDM definitif.

“Ukuran secepatnya itu hanya presiden yang tahu. Bisa sehari. Cepat itu kan relatif. Seminggu bisa cepat,” tutur dia.

Dikonfirmasi secara terpisah, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tidak tahu ihwal masuknya kembali nama Arcandra ke dalam bursa Menteri ESDM.

“Saya tidak tahu terkait hal itu. Berapa kandidatnya juga saya tak tahu. Jangan tanya saya,” ujar Luhut ditemui di kantornya.[CNN]

Related posts