(journeytoindonesia.net)
--Ads--
loading...

Kualasimpang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh pada tahun 2016 meningkatkan status poros utama jalan yang menghubungkan ke berbagai kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang, sehingga kegiatan ekonomi di daerah pedalaman semakin berkembang.

“Bulan Oktober 2016 ini sudah dilakukan pengerasan badan jalan dan alat berat sudah ada di lokasi jalan yang dibangun,” kata Bupati Aceh Tamiang  H Hamdan Sati kepada wartawan di Kualasimpang, Kamis (13/10)

Inspeksi lapangan tersebut dilakukan di Desa Batu Bedulang, Kecamatan Bandar Pusaka, yakni wilayah paling ujung barat Aceh Tamiang yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur.

Ads

Kondisi jalan di lapangan memang terlihat sangat parah, selain berlubang, badan jalannya juga banyak yang patah, akibat muatan truk yang melintas kelebihan tonase.

Hamdan tak menampik situasi itu, sebab banyak perusahaan perkebunan yang kurang memperhatikan kerusakan badan jalan dan tak mau memperbaikinya, padahal ada anggaran dari Cooporate Social Responsibilty (kepedulian sosial perusahaan/CSR).

Hamdan mengatakan melintasi jalan menuju Desa Batu Bedulang banyak jalan berlubang dan rusak, karena status jalan sudah menjadi jalan provinsi sesuai dengan Surat Keputusan Gubermur Aceh Nomor 620/1243/2015 tentang penetapan ruas jalan provinsi.

“Nah, di sinilah hak Kabupaten Aceh Tamiang hilang untuk merawat dan memperbaiki jalan yang rusak, sebab rujukannya harus ke provinsi, anggarannya pun menggunakan APBA bukan APBK, jadi bagaimanapun kondisinya harus mendapat persetujuan provinsi,” katanya.

Hamdan merespon harapan masyarakat Desa Batu Bedulang agar peningkatan jalan segera dibangun dan di Bulan Oktober ini peningkatan badan jalan sudah mulai dilakukan dan alat berat serta material sudah ada di lokasi jalan yang akan dibangun.

Hamdan mengharapkan jalan yang dibangun nantinya agar dapat dijaga dengan baik lengkap dengan drainase yang ditangani dinas pekerjaan umum Aceh Tamiang.

Selain itu, kata Hamdan,  dalam tahun 2017 akan dibangun sekolah SMK Peternakan agar masyarakat Kecamatan Bandar Pusaka dapat belajar teknik peternakan yang benar dan tepat guna.[Antara]

 

Ads