Sekitar 200 wartawan akan hadiri konkernas PWI di Sabang

Sabang (KANALACEH.COM) – Sekitar 200 wartawan dari berbagai media massa di Indonesia akan menghadiri Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PWI yang digelar di Sabang, Aceh, 14-16 Oktober 2016.

“Ada sekitar 200 wartawan dari berbagai media menghadiri Konkernas PWI 2016,” ungkap Sekretaris Panitia Daerah Konkernas PWI 2016 Hendra Handayan di Sabang, Kamis (13/10).

Konferensi kerja, kata dia, merupakan agenda rutin Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Kegiatan ini diikuti para ketua dan pengurus PWI Pusat dan PWI dari seluruh Indonesia.

Untuk tahun 2016, kata dia, Kota Sabang menjadi tuan rumah event nasional tersebut. Dan ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Sabang mempromosikan pariwisata Pulau Weh tersebut.

“Konferensi kerja PWI dijadwalkan dibuka Ketua PWI Pusat Margiono. Serta direncanakan dihadiri Menteri Pariwisata RI atau yang mewakilinya. Turut dihadiri Wali Kota Sabang H Zulkifli Adam dan pejabat pemerintah kota setempat,” kata dia.

Selain membahas agenda kerja PWI, kata dia, peserta konferensi juga diajak mengelilingi Pulau Weh dan mengunjungi objek-objek wisata yang ada di pulau paling ujung barat Indonesia tersebut. Termasuk mengunjungi Tugu KM Nol Indonesia.

Konferensi ini ditandai dengan pelepasan cendrawasih, burung khas Papua, di kawasan Tugu KM Nol Indonesia. Serta penanaman pohon yang menjadi ciri khas setiap provinsi oleh masing-masing ketua PWI.

Hendra menyebutkan, untuk lokasi penanaman pohon khas setiap provinsi itu dipusatkan di Taman Sabang Merauke. Lokasi penanaman pohon itu nantinya akan menjadi Taman Nusantara.

Pada kegiatan itu juga rencananya akan diadakan rangkaian peresmian  Kantor PWI Sabang yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua PWI Pusat Margiono.

Selain itu juga pemberian anugerah serta penyematan kepada Wali Kota Sabang H Zulkifli Adam dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Telekomunikasi Aceh Hasanuddin sebagai anggota kehormatan PWI.

Pada Konkernas PWI 2016 tersebut juga dikukuhkan tujuh perwakilan PWI se Indonesia sebagai Duta Wisata Sabang untuk Indonesia. Pengukuhan untuk lebih memperluas promosi Sabang sebagai destinasi wisata di Indonesia.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan berskala nasional ini akan semakin mengenalkan Sabang dan Pulau Weh ke masyarakat di seluruh Indonesia,” kata Hendra Handayan.[Randi/rel]

Related posts