Tiga Gajah terjebak, helikopter dan ekskavator dikerahkan

Routers

Beijing (KANALACEH.COM) – Tiga ekor gajah di China terjebak dalam waduk selama lebih dari dua hari tanpa bisa keluar. Petugas penyelamat di China berupaya keras menyelamatkan gajah-gajah itu.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (13/10), dua gajah dewasa dan seekor anak gajah ditemukan terperosok ke dalam sebuah waduk sedalam 5 meter di Provinsi Yunnan oleh penjaga hutan setempat pada Minggu (9/10) lalu. Waduk itu tidak terlalu besar dan berbentuk persegi panjang.

Saat upaya penyelamatan hendak dilakukan, hujan deras melanda dan air memenuhi waduk itu. Upaya penyelamatan pun terhambat selama 2 hari karena lokasi bendungan ada di atas bukit.

Rekaman video di lokasi menunjukkan dua gajah dewasa membantu anak gajah untuk tetap mengapung saat ketinggian air di waduk terus naik. Sekitar 10 ekor gajah lainnya berjalan mondar-mandir di sekitar bendungan itu.

Para petugas penyelamat membawakan makanan untuk gajah-gajah yang terjebak di dalam waduk. Mereka kemudian menggunakan helikopter dan petasan untuk mengusir gajah-gajah lain yang ada di sekitar waduk, demi memuluskan upaya penyelamatan.

Pada Selasa (11/10) waktu setempat, petugas penyelamat membawa masuk sebuah ekskavator untuk merobohkan tembok waduk itu agar gajah-gajah yang terjebak bisa keluar.

Otoritas setempat meyakini, insiden ini berawal saat anak gajah tak sengaja jatuh ke dalam bendungan, yang biasa digunakan warga desa setempat untuk irigasi. Dua gajah dewasa, betina dan jantan, ikut terjebak di dalam bendungan, saat hendak menolong anak gajah itu.

Sekitar 300 ekor gajah Asia diperkirakan hidup di wilayah China, dengan kebanyakan ditemukan di Yunnan, yang berbatasan dengan Myanmar, Laos dan juga Vietnam.[Detik]

Related posts