Jonan dan Archandra pimpin Kementrian ESDM

Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar. (Tempo)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo melantik mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada hari ini, Jumat, (14/10). Selain melantik Jonan, Jokowi juga melantik mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM.

Pelantikan Jonan dan Arcandra itu dimulai tepat pukul 13.30 WIB. Setelah memasuki ruang pelantikan di Istana Negara, Jokowi melantik keduanya di bawah sumpah. Setelah resmi dilantik, para menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga mendatangi Jonan serta Arcandra dan memberi selamat untuk keduanya.

Sebelumnya, Jonan pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan dalam Kabinet Kerja. Namun, pada 27 Juli 2016 lalu, Jonan diberhentikan sebagai Menteri Perhubungan dan digantikan oleh Budi Karya Sumadi. Jonan pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia pada 2009-2014 sebelum diangkat menjadi Menteri Perhubungan.

Sementara itu, Arcandra pernah ditunjuk sebagai Menteri ESDM untuk menggantikan Sudirman Said. Namun, jabatan itu hanya diemban Arcandra selama 20 hari. Pada 16 Agustus 2016 lalu, Arcandra dijopot dari jabatannya oleh Jokowi karena ketika itu Arcandra memiliki dua kewarganegaraan, yakni warga negara Indonesia dan warga negara Amerika Serikat

Pantuan dilokasi, sejumlah pegawai kementerian ESDM mempersiapkan Ruangan Sarulla di Gedung Kementerian ESDM. Sejak pukul 13.30 WIB, petugas mulai membersihkan ruangan dan menata beberapa meja untuk acara serah terima jabatan.

Sejak 16 Agustus lalu, kursi Menteri ESDM dijabat oleh pelaksana tugas, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Luhut mengisi sementara kursi Menteri ESDM, pejabat sebelumnya, Archandra Tahar, dicopot oleh Presiden Joko Widodo karena masalah dwi kewarganegaraan.[Tempo]

Related posts