Kodim 0102/Pidie bersama BP2KP beri penyuluhan kepada petani

Kodim 0102/Pidie bersama BP2KP memberi penyuluhan kepada petani, Kamis (13/10). (Ist)

Sigli (KANALACEH.COM) – Kodim 0102/Pidie bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Pidie memberi penyuluhan kepada para petani Desa Mesjid Andeu.

Penyuluhan yang berlangsung di Balai Pertanian Kecamatan Mila, Pidie, Kamis (13/10/16) itu merupakan kegiatan Non Fisik Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016 di Pidie.

Kabid BP2KP Pidie, Jailani menyampaikan, sangat jarang dan sangat sedikit petani yang menyadari bahwa tumbuhan memerlukan bahan organik untuk kelangsungan hidupnya.

Lanjutnya, tidak sedikit petani yang beranggapan bahwa bila menggunakan pupuk kimia yang banyak maka akan memperoleh hasil yang sangat banyak pula. Padahal hasil dari padi itu sendiri malah menurun.

“Maka dari pada itu, melalui TMMD, kegiatan non fisik ini, kita berikan secara langsung, bagaimana cara menggunakan pupuk dengan baik dan benar untuk tanaman,” pungkas Jailani.

Sementara, pada kesempatan yang sama, Kasdim 0102/Pidie mewakili Dansatgas TMMD, Mayor Arm Muda Setyawan menjelaskan kegiatan ini adalah upaya untuk mengubah perilaku petani dalam peningkatan taraf hidup masyarakat tani sehingga kesejahteraan hidup petani terjamin.

Apalagi, sambungnya, pemerintah meminta meningkatkan produksi pangan, merangsang pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan keluarga petani dan rakyat desa, mengusahakan pertanian yang berkelanjutan.

“Jadi saya minta kepada peserta yang ikut penyuluhan ini, betul disimak dan dilaksanakan apa yang sudah diterima dari penyuluh pertanian, sehingga ke depan hasil panen bisa meningkat,” pesan Setyawan. [Aidil/rel]

Related posts