Pengembangan 10 destinasi wisata butuh Rp 260 T

Jakarta (KANALACEH.COM)  – Pengembangan 10 destinasi wisata prioritas pemerintah diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp 260 triliun.

Kementerian Pariwisata terus melakukan promosi wisata dan promosi investasi untuk menggenjot target wisatawan sebanyak 20 juta orang pada 2019.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman seusai seminar dalam acara Trade Expo Indonesia di Jakarta, Kamis (13/10).

Ke-10 destinasi wisata itu adalah Mandalika, Nusa Tenggara Barat; Pulau Morotai, Maluku Utara; Tanjung Kelayang, Kepulauan Bangka Belitung; Danau Toba, Sumatera Utara; Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Borobudur, Jawa Tengah; Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Tanjung Lesung, Banten; Bromo, Jawa Timur; dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Dadang menuturkan, sektor pariwisata berada di urutan keempat dalam perolehan devisa. Data 2014 menunjukkan, minyak dan gas bumi menempati urutan pertama dengan nilai 30,31 miliar dollar AS, disusul batubara (20,81 miliar dollar AS), minyak kelapa sawit (17,46 miliar dollar AS), dan pariwisata (11,16 miliar dollar AS).

”Pada tahun 2019, sektor pariwisata ditargetkan mampu memberi kontribusi terbesar dalam perolehan devisa,” ujar Dadang.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong mengakui, investasi di sektor pariwisata masih terpusat di Bali dan DKI Jakarta. Untuk itu, promosi investasi di sektor pariwisata perlu diarahkan ke daerah-daerah luar Bali, terutama 10 daerah destinasi wisata.

”Dalam menarik investasi, perlu dilihat tingkat penyerapan tenaga kerja. Investasi di padat modal dengan nilai investasi yang tinggi memang belum tentu menyerap banyak tenaga kerja,” kata Lembong.

Sebaliknya, investasi di sektor pariwisata dengan nilai yang tidak terlalu tinggi bisa saja mampu menyerap banyak tenaga kerja, antara lain pelayan di restoran, pelayan hotel, jasa binatu, atau pemandu wisata. Demikian juga pelaku usaha kecil dan menengah yang memproduksi produk-produk kerajinan tangan.[Kompas]

Related posts