Sumberpost gelar klinik foto human interest

Peserta pelatihan foto human interest saat mendengarkan materi. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost UIN Ar-Raniry mengadakan pelatihan fotografi bertajuk Klinik Foto Human Interest, pada Sabtu (15/10/2016) di Ruang Sidang ICAIOS, Banda Aceh. Kegiatan tersebut diikuti oleh 15 peserta dari pelajar, mahasiswa, dan umum.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal berharap, kegiatan tersebut mampu melahirkan generasi yang mampu memberikan perubahan kepada lingkungan sekitar melalui foto bercerita.

“Hasil selembar foto yang baik, mampu memberikan pesan makna kepada yang melihat. Untuk itu, acara ini harus mampu menciptakan generasi fotografi yang dapat menyampaikan pesan perubahan kepada masyarakat,” kata Syamsul dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan.

Pimpinan Umum UKPM Sumberpost UIN Ar-Raniry, Abdul Hadi Firsawan mengatakan, Klinik Foto Human Interest merupakan pelatihan lanjutan dari kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang diadakan beberapa waktu lalu.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat serta mampu menciptakan karya-karya baru dan bermanfaat dari teman-teman dalam bidang fotografi,” ujar Abdul Hadi.

Kegiatan yang juga bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh ini menghadirkan tiga pemateri, yaitu fotografer freelance Muksalmina dan anggota aktif PFI Aceh, Junaidi Hanafiah dan Adrian Fajriansyah.

Dalam Klinik Foto ini, peserta juga melakukan street hunting di kawasan Darussalam dan dievaluasi oleh pemateri. Sebelum turun ke lapangan, peserta dibekali dasar fotografi, etika fotografi, teknik pengambilan gambar, dan pengenalan foto human interest.[Randi/rel]

Related posts