Kemensos tambah 87 ribu penerima PKH di Aceh

Kemensos RI serta Umi Niazah dan Sekda Aceh, menyaksikan proses pencairan dana bansos PKH di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Minggu (16/10). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, ada penambahan sebanyak 87 ribu penerima baru Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2016 di Aceh.

Saat ini pemerintah pusat dengan pemerintah daerah tengah melakukan pemetaan terkait penerima dana bansos PKH tersebut.

“Aceh ada penambahan sekitar 87 ribu, kalau sebelumnya penerima PKH 93 ribu, jadi total sekarang ada sekitar 180 ribu penerima bansos PKH di Aceh,” ujar Khofifah usai menyaksikan pencairan program PKH tahap tiga di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Minggu (16/10).

Ia menyebutkan, penambahan penerima bansos PKH ini juga diikuti dengan penambahan dana sejumlah Rp2,5 juta dari sebelumnya Rp3,5 juta. Jadi, penerima dana bansos PKH akan mendapat Rp6 juta rupiah.

Artinya, penambahan uang serta penerima bansos PKH itu, bukan berarti kemiskinan bertambah bertambah. Tapi, katanya, pemerintah ingin meluaskan cakupan penerima manfaat bantuan PKH.

Disamping itu, pada tahun 2016 ini, kemensos akan menargetkan di bulan November proses pencairan dana bansos PKH itu secara non-tunai. Pihaknya juga telah melakukan pemetaan dengan pemerintah daerah, agar bisa merealisasikan proses pencairan secara nontunai.

Ditanya mengenai sejauh mana PKH dapat menurunkan angka kemiskinan, Khofifah menjelaskan bahwa pihaknya sebagai penyelenggara program tersebut tidak bisa menilai dapat menurunkan angka kemiskinan di Indonesia.

Namun, lanjut Khofifah, berdasarkan survey yang dilakukan oleh bank dunia, tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K), Bappenas serta dari presentasi menteri keuangan RI, program PKH pentargetannya terbaik untuk menurunkan angka kemiskinan.

“Atas dasar survey dari lembaga itu, ini program pentargetannya terbaik yang signifikan terhadap penurunan kemiskinannya tertinggi,” katanya. [Randi]

Related posts