Ini enam alasan penting konsumsi telur setiap hari

(banjarbaru.com)

(KANALACEH.COM) – Mengandung sejumlah nutrisi, mineral dan vitamin, telur menjadi rekomendasi para dokter dan ahli gizi untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu, telur juga sangat mudah ditemukan, sehingga sangat tepat menjadi asupan untuk gizi harian Anda.

“Seperti yang disarankan oleh penelitian medis, kita harus makan dua telur dalam sehari dan enam sampai delapan telur seminggu untuk mengimbangi metabolisme tubuh dan menjaga diet seimbang,” kata Dr Taranjeet Kaur, ahli gizi senior AktivOrtho di New Delhi, seperti dilansir dari Indian Express.

Lebih lanjut dia menambahkan, ketika makan telur, pastikan Anda tidak meninggalkan kuning telur karena mengandung banyak nutrisi yang baik dan memiliki tingkat penyerapan vitamin. Namun demikian, bagi mereka dengan kadar kolesterol tinggi, memilih putih telur merupakan ide yang baik. Dan berikut ini manfaat yang didapat dari rutin mengonsumsi telur.

Telur sangat bergizi

Telur merupakan sumber yang kaya protein, serta vitamin, seperti vitamin A, B, B5, B12, D serta mineral, seperti kalium, seng, kalsium dan selenium, yang sangat baik untuk tubuh dan metabolisme.

Telur meningkatkan kolesterol baik

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita. Kolesterol baik adalah High Density Lipoprotien (HDL) dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). Telur secara alami meningkatkan HDL, dan membantu menurunkan risiko serangan jantung dan kesehatan.

Telur penting untuk perkembangan otak

Telur mengandung kolin, yang membantu perkembangan dan fungsi otak. Satu telur mengandung lebih dari 100 miligram kolin, yang membantu mempertajam pikiran Anda. Inilah sebabnya mengapa anak-anak dan orang dewasa juga didorong untuk menambahkan telur ke dalam sarapan mereka.

Telur mengandung antioksidan

Telur merupakan sumber yang kaya antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin, yang baik untuk mata serta membantu mencegah penyakit berbahaya dan infeksi. Selain itu, menurunkan kemungkinan penyakit yang berkaitan dengan penuaan. Manfaat itu terutama diperoleh dengan mengonsumsi kuning telur, yang kaya vitamin A. Dan kekurangan vitamin A menjadi penyebab utama kebutaan.

Mengurangi asupan makanan berlebih

Jika Anda memulai hari Anda dengan mengonsumsi telur, itu adalah sarapan yang baik untuk Anda. Dengan menggabungkan telur dalam sarapan, Anda mengurangi kemungkinan merasa lapar terlalu sering, karena telur menjaga perut Anda tetap kenyang.

Telur baik untuk kuku dan rambut

Semua orang ingin kuku dan rambut yang sehat, dan ini bisa Anda dapatkan pada telur. Hal itu karena telur kaya asam amino yang mengandung sulfur dan banyak vitamin serta mineral, yang membantu menjaga rambut dan kuku sehat dan berkilau. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki rambut berkilau dan kuku panjang, coba tambahkan telur dalam menu Anda. [Viva]

 

Related posts