Mobil listrik karya mahasiswa Unsyiah diluncurkan

Mobil listrik Malem Diwa karya mahasiswa FT Unsyiah diluncurkan di lobi Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Banda Aceh, Selasa (18/10). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dua mobil listrik malem diwa karya mahasiswa jurusa Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) diluncurkan Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal.

Acara bertajuk Grand Launching Mobil Listrik Malem Diwa Prototype dan Malem Diwa Urban itu berlangsung di lobi Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Banda Aceh, Selasa (18/10).

Peluncuran mobil listrik itu disaksiksan puluhan mahasiswa dan dosen T Unsyiah. Mobil listrik tersebut nantinya akan diperlombakan pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) di Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta pada 1-4 November 2016.

Samsul Rizal dalam sambutannya menyampaikan, mobil malem diwa harus kembali menjuarai ajang KMHE 2016. Tahun lalu malem diwa keluar sebagai juara keempat. Semoga kali ini malem diwa bisa lebih berhasil dari pada tahun lalu.

“Kalau malem diwa kembali berhasil menjadi juara, Unsyiah akan berusaha untuk membiayai tim malem diwa untuk kembali berkompetisi di Shell Eco-marathon di Singapura tahun depan,” kata Samsul.

Dirinya berharap nantinya, ada pihak yang bersedia mendanai buah karya mahasiswa Unsyiah, seperti dari Pertamina, LPDP, dan pihak lainnya.

Hal serupa disampaikan Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Industri FT Unsyiah, Dr Iskandar. Ditargetkan tim malem diwa akan kembali berkompetisi di ajang Shell Eco-marathon pada Maret 2017 di Singapura.

Namun tim yang juga dibimbing oleh para dosen tersebut sedang fokus pada kompetisi KMHE 2016.

“Selain mobil listrik, rencananya para mahasiswa kami juga akan kembali membuat inovasi baru berupa robot terbang,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III FT Unsyiah, Zahrul Fuadi mengatakan, mobil listrik tersebut berhasil dibuat berkat kerja sama dan kebersamaan.

Ketua Tim Malem Diwa, Reza Alfurqan menjelaskan, mobil listrik malem diwa protype X2.0 dan malem diwa urban R1.0 terdiri atas kelas yang berbeda.

Mobil jenis prototype dirancang untuk mengikuti kontes saja. Sedangkan mobil listrik urban didesain menyerupai mobil pada umumnya yang dapat digunakan pada jalan kota.

“Tapi kedua mobil ini sama-sama efisien. Membutuhkan waktu 3 bulan untuk persiapan pembuatannya dan 3 bulan untuk kerja ekstranya,” papar Reza.

Setiap mobil listrik itu dikerjakan oleh tim mahasiswa masing-masing 7 orang untuk setiap mobil dengan bimbingan para dosen. Sebelumnya, mereka telah berhasil membuat mobil  tenaga surya yang juga dirancang di Labotarium Desain Manufaktur Teknik Mesin FT Unsyiah. [Aidil/rel]

Related posts