Awas, gigitan nyamuk akibatkan 3 penyakit Ini

amacine.co

(KANALACEH.COM) – Nyamuk dapat mentransfer penyakit tertentu yang bisa mengancam nyawa. Ada beberapa jenis penyakit yang mungkin bisa Anda alami sesuai dengan iklim.

Ada tiga jenis penyakit akibat gigitan nyamuk yang sebaiknya Anda hindari. Berikut ini ulasannya, dikutip Boldsky, Selasa (18/10).

Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit dari genus plasmodium. Ini ditularkan oleh nyamuk anopheles. Setelah Anda digigit nyamuk, parasit dari nyamuk dapat memengaruhi organ hati dan sel darah merah.

Adapun gejala malaria antara lain demam tinggi, sensasi dingin, menggigil, kelelahan, muntah dan mual. Jika ditemukan positif, perlu segera diobati agar tidak menjadi fatal.

Demam berdarah

Penyakit ini berasal dari virus yang disebabkan oleh flavivirus yang ditularkan melalui nyamuk. Kondisi ini mengikuti pola transmisi menentu endemik dan menimbulkan wabah.

Tanda-tandanya adalah Anda menderita sakit kepala parah, demam tinggi, kelelahan, nyeri pada sendi dan otot, ruam kulit, mual, muntah, pendarahan gusi dan hidung.

Chikungunya

Chikungunya terjadi ketika virus yang menyebar lewat nyamuk aedes aegypti. Nyamuk pembawa virus menggigit manusia dan menginfeksi tubuh. Ketika seorang terinfeksi dengan virus chikungunya, akan menunjukkan tanda-tanda demam tinggi, sakit kepala, ruam, sakit punggung, nyeri sendi, nyeri otot, dan lainnya.[Okezone]

 

Related posts