Wali Kota Ochi Jepang kunjungi Aceh Tengah

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyambut Wali Kota Ochi Provinsi Kochi, Jepang, Yasuyuki Koda, Senin (17/10) malam. (Ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Wali Kota Ochi Provinsi Kochi, Jepang, Mr. Yasuyuki Koda mengunjungi Kabupaten Aceh Tengah. Berdasarkan keterangan Perwakilan Kantor Pusat JICA, Mr. Taketoshi Watanabe kunjungan dilakukan selama 3 hari sejak Senin (17/10) hingga Rabu (19/10).

“Kunjungan tersebut sebagai bentuk apresiasi atas dukungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah terhadap program kajian “Data Collection Survey on Public-Private-Partnership for Activating Agricultural Promotion in Indonesia” yang dilakukan oleh Japan International Coorperation Agency (JICA),” ungkap Watanabe, disela pertemuan dengan Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, Senin (17/10) malam.

Kunjungan tersebut juga sebagai tindak lanjut dari kunjungan rombongan Pemerintah Provinsi Kochi ke Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Tengah pada Juli 2016 lalu yang kemudian ditindaklanjuti juga dengan kunjungan dua pejabat dari Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Tengah yang mengikuti program undangan JICA di Jepang pada September 2016 lalu.

“Kedatangan rombongan dari Pemerintah Kota Ochi kali ini untuk melakukan diskusi lanjutan tentang peluang kerjasama antara kedua daerah,” imbuhnya.

Selain Wali Kota Ochi, Watanabe menyebutkan, rombongan pihak Jepang lainnya yang datang adalah President Okabayashi Farm Co. Ltd, Mr. Fujio Okabayashi, Board Member and Factory Director, Okabayashi Farm Co. Ltd, Mr. Takayuki Nakamura, dan perwakilan Tim Studi JICA, Mr. Jun Tsurui.

Pemerintah Kota Ochi telah memiliki teknologi pengolahan jeruk dengan berbagai varian kemasan, karenanya Bupati Nasaruddin menyambut positif kunjungan Wali Kota Ochi sebagai langkah untuk menjalin kerjasama terutama dibidang pengolahan Jeruk Keprok Gayo .

Selama di Takengon, rombongan Wali Kota Ochi dijadwalkan mengunjungi Pasar Terpadu Paya Ilang, kunjungan ke prosesing kopi di Koperasi Baburrayan, bertemu dengan lembaga Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis-Jeruk Keprok Gayo Aceh (MPIG-JKGA), mengunjungi lokasi perkebunan jeruk dan sejumlah lokasi wisata. [Aidil/rel]

Related posts